Efektivitas Penerapan Metode Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa

Authors

  • Sulastri Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Prana Putra

DOI:

https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1323

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of applying the field trip method on the ability to write descriptive essays of class VIII students of SMP Negeri H Wukirsari. The research design used an experimental approach with a quasi-experimental research type. The results showed that t0 was 5.21, tt (1%) was 2.75 and tt (5%) was 2.04. In conclusion, the application of the field trip method is practical on the ability to write descriptive essays of class VIII students of SMP Negeri H Wukirsari.

Keywords: Description, Field Trip, Writing

References

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Elsunarti, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Kemampuan Menulis pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 127–133. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i10

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII Smp Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 223–233. https://media.neliti.com/media/publications/258055-penerapan-strategi-aktivitas-menulis-ter-941481f6.pdfhttps://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4592/4376

Iin, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 4(1), 22–30. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1023/870

Jaswandi, J. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 81–84. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/9285/pdf_1

Nurhaedah, N., & Pagarra, H. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Murid SD. Jurnal Retorika, 10, 85–88. https://doi.org/10.26858/retorika.v

Ratnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 138–152. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.724

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Seksiani, E. (2018). Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Menulis Menggunakan Pendekatan Proses 5 Fase. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(3), 269–277. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20010/7567

Widodo, M. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 35–47. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/2592/1680

Downloads

Published

2021-04-27