Efektivitas Penerapan Metode Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa

  • Sulastri Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Prana Putra

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t0 adalah sebesar 5,21, tt (1%) sebesar 2,75 dan tt (5%) sebesar 2,04. Simpulan, penerapan metode field trip efektif terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari.

Kata Kunci: Deskripsi, Field Trip, Menulis

References

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Elsunarti, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Kemampuan Menulis pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 127–133. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i10

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII Smp Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 223–233. https://media.neliti.com/media/publications/258055-penerapan-strategi-aktivitas-menulis-ter-941481f6.pdfhttps://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4592/4376

Iin, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 4(1), 22–30. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1023/870

Jaswandi, J. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 81–84. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/9285/pdf_1

Nurhaedah, N., & Pagarra, H. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Murid SD. Jurnal Retorika, 10, 85–88. https://doi.org/10.26858/retorika.v

Ratnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 138–152. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.724

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Seksiani, E. (2018). Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Menulis Menggunakan Pendekatan Proses 5 Fase. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(3), 269–277. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20010/7567

Widodo, M. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 35–47. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/2592/1680
Published
2021-04-27
How to Cite
Ningsih, S. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 4(2), 202-211. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1323
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times