Efektivitas Penerapan Metode Field Trip terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of applying the field trip method on the ability to write descriptive essays of class VIII students of SMP Negeri H Wukirsari. The research design used an experimental approach with a quasi-experimental research type. The results showed that t0 was 5.21, tt (1%) was 2.75 and tt (5%) was 2.04. In conclusion, the application of the field trip method is practical on the ability to write descriptive essays of class VIII students of SMP Negeri H Wukirsari.
Keywords: Description, Field Trip, Writing
References
Elsunarti, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Kemampuan Menulis pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1), 127–133. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i10
Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII Smp Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 223–233. https://media.neliti.com/media/publications/258055-penerapan-strategi-aktivitas-menulis-ter-941481f6.pdfhttps://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4592/4376
Iin, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 4(1), 22–30. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1023/870
Jaswandi, J. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 81–84. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/9285/pdf_1
Nurhaedah, N., & Pagarra, H. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Murid SD. Jurnal Retorika, 10, 85–88. https://doi.org/10.26858/retorika.v
Ratnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 138–152. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.724
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500
Seksiani, E. (2018). Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Menulis Menggunakan Pendekatan Proses 5 Fase. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(3), 269–277. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/20010/7567
Widodo, M. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 35–47. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/2592/1680