Respon Siswa SD Negeri 2 Rantau Kadam terhadap Revitalisasi Nilai Pendidikan Karakter melalui Permainan Rakyat

Authors

  • Nur Nisai Muslihah Universitas PGRI Silampari
  • Tri Astuti Universitas PGRI Silampari
  • Nyanyu Masnon Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/np2g0448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tanggapan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Rantau Kadam Kabupaten Musi Rawas Utara, terhadap upaya revitalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui permainan rakyat. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode survei dengan memanfaatkan angket, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 85,20% siswa memberikan respon dalam kategori Sangat Baik terhadap program tersebut. Observasi menunjukkan bahwa siswa menunjukkan semangat dan kegembiraan saat terlibat dalam permainan rakyat. Selain itu, hasil wawancara dengan 10 siswa mengungkapkan bahwa mereka sangat menyukai kegiatan yang mengusung revitalisasi nilai karakter melalui permainan rakyat tersebut. Temuan ini membuka peluang penerapan metode serupa di berbagai jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi, sebagai strategi untuk menanamkan karakter di era digital.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pembelajaran Bermakna, Pendidikan Karakter, Permainan Rakyat, Respon Siswa

 

Downloads

Published

2025-08-08