Analisis Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 di MI Terpadu Mutiara Assyifa
DOI:
https://doi.org/10.31539/8mwcpg07Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 38 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Fokus utama penelitian adalah pada empat keterampilan berbahasa, yaitu berbicara, menulis, membaca, dan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide secara lisan, menyusun paragraf yang logis, memahami isi bacaan, dan menangkap informasi melalui aktivitas menyimak. Kesulitan ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti kurangnya motivasi belajar dan keterbatasan kosakata, serta faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang belum bervariasi dan minimnya dukungan lingkungan belajar. Penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih komunikatif, penggunaan media belajar yang interaktif, serta kolaborasi antara guru dan orang tua untuk mengatasi hambatan belajar siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam merancang strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih efektif dan inklusif di jenjang sekolah dasar.Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbahasa, Kesulitan Belajar, Pendidikan Dasar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anugrah Agung, Ratna Sari, Muhammad Habib Ramadhani, Rizqa Dwi Shofiyah Magfhira Izzania, Eci Anita Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.