Studi Kualitatif Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Kosakata Anatomi-fisiologi pada Mahasiswa Ilmu Kesehatan

Authors

  • Perla Yualita Universitas Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/ysv83z94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi strategi mengatasi kesulitan belajar kosakata anatomi-fisiologi  pada mahasiswa kesehatan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui indept-interview kepada 17 partisipan dengan purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh 7 tema, yaitu: 1) sikap senang ketika mendapat tantangan belajar; 2) pemeliharaandaya tahan tubuh; 3) perlunya antusiasme kesadaran fondasi ilmu kesehatan; 4) perlu kestabilan berkonsentrasi dalam memahami dan menghafal; 5) variasi metode dengan pemberian materi dan waktu yang cukup; 6) variasi media sangat membantu pemahaman; dan 7) kenyamanan dan kemudahan sarana-prasarana pembelajaran. Kesimpulan: strategi mengatasi  kesulitan belajar kosakata anatomi-fisiologi terbagi menjadi 2, yaitu: 1) strategi internal: sikap senang ketika mendapat tantangan belajar,  pemeliharaan daya tahan tubuh, antusiasme kesadaran  anatomi –fisiologi sebagai fondasi ilmu kesehatan, kestabilan berkonsentrasi, memahami, dan menghafal kosakata; 2) strategi  eksternal:  penekanan pada pembelajaran luring, pemberian materi bertahap bila perlu dibuat lagu/nyanyian, jarak waktu menghafal dengan ujian responsi minimal 3 hari,  variasi media dari dosen, kenyamanan serta kemudahan mendapatkan sarana-prasarana pembelajaran dari pihak kampus. Dengan demikian, pembelajaran kosakata anatomi-fisiologi sebagai fondasi ilmu kesehatan dapat menjadi bekal yang kuat bagi pembelajaran selanjutnya.

 

Kata kunci: Kesulitan Belajar, Kosakata Anatomi-Fisiologi, Mahasiswa Ilmu Kesehatan, Strategi, Studi Kualitatif

Downloads

Published

2025-08-31