Studi Kualitatif Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Kosakata Anatomi-fisiologi pada Mahasiswa Ilmu Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.31539/ysv83z94Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi strategi mengatasi kesulitan belajar kosakata anatomi-fisiologi pada mahasiswa kesehatan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui indept-interview kepada 17 partisipan dengan purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh 7 tema, yaitu: 1) sikap senang ketika mendapat tantangan belajar; 2) pemeliharaandaya tahan tubuh; 3) perlunya antusiasme kesadaran fondasi ilmu kesehatan; 4) perlu kestabilan berkonsentrasi dalam memahami dan menghafal; 5) variasi metode dengan pemberian materi dan waktu yang cukup; 6) variasi media sangat membantu pemahaman; dan 7) kenyamanan dan kemudahan sarana-prasarana pembelajaran. Kesimpulan: strategi mengatasi kesulitan belajar kosakata anatomi-fisiologi terbagi menjadi 2, yaitu: 1) strategi internal: sikap senang ketika mendapat tantangan belajar, pemeliharaan daya tahan tubuh, antusiasme kesadaran anatomi –fisiologi sebagai fondasi ilmu kesehatan, kestabilan berkonsentrasi, memahami, dan menghafal kosakata; 2) strategi eksternal: penekanan pada pembelajaran luring, pemberian materi bertahap bila perlu dibuat lagu/nyanyian, jarak waktu menghafal dengan ujian responsi minimal 3 hari, variasi media dari dosen, kenyamanan serta kemudahan mendapatkan sarana-prasarana pembelajaran dari pihak kampus. Dengan demikian, pembelajaran kosakata anatomi-fisiologi sebagai fondasi ilmu kesehatan dapat menjadi bekal yang kuat bagi pembelajaran selanjutnya.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Kosakata Anatomi-Fisiologi, Mahasiswa Ilmu Kesehatan, Strategi, Studi Kualitatif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Perla Yualita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.