Punchlines dalam Berita: Analisis Wacana Humor Satire dalam Program Berita Meet Nite Live Metro TV

Authors

  • Vonny Tiara Wibawanti Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31539/xpdhkx84

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan humor satire dalam pemberitaan melalui analisis wacana kritis model Norman Fairclough, dengan fokus pada program Meet Nite Live di Metro TV. Program ini menggunakan parodi olahraga untuk mengkritik praktik korupsi di Indonesia, dengan menggabungkan unsur humor dan sindiran dalam pemberitaan “Liga Korupsi Indonesia”. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis potongan transkrip berita yang berisi satire politik serta komentar warganet di kanal YouTube dan media sosial resmi milik Metro TV sebagai respons audiens. Tiga dimensi analisis wacana Fairclough yang digunakan: (1) analisis teks untuk mengkaji struktur bahasa, metafora, dan penggunaan ironi dalam teks berita; (2) praktik diskursif untuk menilai bagaimana wacana diproduksi dan diterima oleh audiens muda yang lebih akrab dengan media sosial; dan (3) praktik sosial untuk mengaitkan fenomena humor satire ini dengan konteks sosial dan budaya di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan humor satire dalam Meet Nite Live tidak hanya memperluas ruang partisipasi publik dalam diskursus politik, tetapi juga menggoyang batas antara hiburan dan jurnalisme serius. Temuan ini memperlihatkan bahwa humor satire menjadi alat efektif dalam menyampaikan kritik sosial, memungkinkan audiens untuk mengkonsumsi informasi yang kritis dengan cara yang lebih ringan dan menghibur, serta membuka ruang kritik dan resistensi terhadap wacana dominan di media arus utama.

 

Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Berita, Fairclough, Humor Satire, Media

 

References

Buijzen, M., & Valkenburg, P. M. (2004). Developing a typology of humor in audiovisual media. Media Psychology, 6(2), 147-167.

Ezell, S. K. (2016). Humor and Satire on Contemporary Television: Animation and the American Joke. New York: Routledge.

Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Longman.

Firdaus, A. Y., Setiawati, S., & Yulianto, E. (2018). Satire on Stand Up Comedy “Messake Bangsaku” By Pandji Pragiwaksono. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 80-86.

Gans, H. J. (2004). Deciding what's news: A study of CBS Evening News, NBC Nightly News, Newsweek, and Time. Evanston, IL: Northwestern University Press.

Gunia, A. (2020). Hong Kong’s Public Broadcaster Suspends Satirical TV Show After Complaints Over Police Portrayal. Time.com. Retrieved from https://time.com/5839287/radio-television-hong-kong-press-freedom-headliner/

Habibah, A. F. (2021). Era masyarakat informasi sebagai dampak media baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350-363.

Hasan, K., & Sazali, H. (2025). Transformasi kebijakan dan regulasi komunikasi siaran tv analog ke digital di indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 6(1), 120-135.

Judijanto, L., Maulinda, R., Zulaika, S., Tjahyadi, I., & Suroso, S. (2023). Pengaruh sumber informasi dan interaksi sosial di media sosial terhadap pembentukan opini politik masyarakat di indonesia. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(01), 21-31.

Katz, E. (2013). Theorizing the role of humor in communication. Journal of Communication, 63(5), 931-949.

Krissandi, A. D. S., & Setiawan, K. A. C. (2018). Kritik Sosial Stand Up Comedy Indonesia dalam Tinjauan Pragmatik. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(2), 46-59.

Lee, D. (2011). Cognitive Linguistics: An Introduction. United Kingdom: Oxford University Press.

Martin, J. D. & Luebering, J. E. (2025). The Daily Show. Britannica.com. Retrieved from https://www.britannica.com/topic/The-Daily-Show

Mary Douglas. (1979). Jokes, in Implicit Meanings: Essays in Anthropology. London: Routledge.

McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. London: Sage Publications.

Metro TV. (2025). Timah vs Pertamina, Siapa Paling ‘Ngena’ di Hati Rakyat? – [Meet Nite Live]. Metrotvnews.

Natalia, D. L. (2019). Media massa dan pemberitaan pemberantasan korupsi di Indonesia. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 5(2), 57-73.

Pamungkas, A. (2020). Satire Dalam Media Sosial: Studi Reception Analys Pemaknaan Followers Terhadap Pesan Satire NU Garis Lucu (@ NUgarislucu) di Twitter. Jurnal Skripsi.

Sari, S. T. N., Widyaningyun, D. N., & Widiyarta, A. (2021). Peran media digital cakrajatim. com sebagai fungsi kontrol sosial di kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 10(2), 136-142.

Schudson, M. (2003). The sociology of News. New York: W.W. Norton & Company.

Suciartini, N. N. A. (2019). Analisis Bahasa Satire dalam Pertarungan Politik 2019 (Satire Language Analysis in Political 2019). Sirok Bastra, 7(1), 73-84.

Wahyuti, T. (2015). Kajian Program Berita di Media Televisi. Konvergensi: jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 1(1), 39-52.

Wibisono, M. P., & Haqqu, R. (2024). Analisis Penerimaan Pesan Satire Lingkungan Di Konten Tiktok @Pandawaragrup Menggunakan Teori Resepsi Stuart Hall. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 9(4), 909-923.

Young, D. G. (2008). The privileged role of the late-night joke: Exploring humor's role in political discourse. Media, Culture & Society, 30(6), 791-808.

Zoebazary. I. (2010). Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Downloads

Published

2025-08-31