Inovasi E-Modul Matakuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Agung Nugroho STKIP-PGRI Lubuklingau
  • Rambat Nur Sasongko Universitas Bengkulu
  • Muhammad Kristiawan Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan dan merancang Modul matakuliah Berbicara Dialektik berbasis online mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. Hasil uji coba Modul Berbicara Dialektik  menunjukkan bahwa sebanyak enam orang memperoleh nilai sangat baik dengan skor 80-100 (30%), sebanyak sembilan orang yang memperoleh nilai 66-79 dengan kategori baik (45%) dan mahasiswa yang memperoleh nilai cukup hanya satu orang dengan skor 58 atau hanya 5% serta mahasiswa yang memperoleh nilai kurang adalah sebanyak empat orang dengan rentang nilai 46-55 atau sebesar 20%. Simpulan, modul matakuliah Berbicara Dialektik sudah layak digunakan mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Kata Kunci: Berbicara Dialektik, E-Modul, Inovasi

References

Bahraeni, B. (2017). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Melalui Kegiatan Desiminasi pada STAIS DDI Maros. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 1(1), 100–109. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/download/4920/4388

Eriyanti, R. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 98–106. https://doi.org/10.22219/kembara.vol3.no1.98-106

Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 260–269. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26156

Istiqomah, W. N., & Kusdiana, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbicara Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Bahasa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 141–148. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13012

Laili, I., Ganefri, G., & Usmeldi, U. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Murti, S., & Lazuardi, D. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kontekstual STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 3(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i1.972

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, R. J. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8723

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62. http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.826
Published
2021-04-19
How to Cite
Nugroho, A., Sasongko, R., & Kristiawan, M. (2021). Inovasi E-Modul Matakuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 4(2), 187-201. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2107
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 1 times