Penguasaan PUEBI terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

  • Poni Ernis STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Neneng Wahyuni STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh

Abstract

This study aims to determine the relationship between the mastery of PUEBI with the skills of writing text reports on the results of observations. The research method uses correlation with quantitative types. Sampling was done using the cluster random sampling technique. The research instrument is an objective test and a performance test. The results showed that the average value of PUEBI and the value of the observation report were both 76 with good qualifications. The rcount obtained is 0.9030 and tcount 11.3193 with degrees of freedom n-2 (31-2=29), and a significant rate of 0.05. In conclusion, there is a significant relationship between PUEBI and the observation report.

Keywords: Writing Observation Report Text, Mastery of PUEBI

References

Afrina, S., Atmazaki, A., & Arief, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 321–328. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/8656/6659

Arianti, R. (2017). Petunjuk Praktis Teknik Menulis Bahasa Indonesia. Padang: Berkah Prima

Arianti, R., & Ningsih, A. R. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi Secara Lisan pada Siswa Kelas X IPA.2 SMA Negeri 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(2), 183–197. https://doi.org/10.37728/jpr.v4i2.210

Ayu, G. D., Sastromiharjo, A., & Kosasih, E. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbantuan Aplikasi Telegram. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 327–331. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1364/1241

Ismaiyati, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Pembelajaran di Luar Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.741

Khasanah, R. U., Wiarsih, C., & Ernawati, A. (2021). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Karangan Narasi Menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 310–318. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1126


Mulyati, D., & Hariyadi, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 75–85. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i2.220

Purwanto, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Pemodelan pada Siswa MTs Negeri 4 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-04

Putri, I. J. E. (2020). Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung. Wistara, 3(2), 146–154. https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/3736/1634

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 1–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10525/8284

Sa’diyah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Startegi Pemodelan pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Sambeng TP 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 88–95. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2132/1431

Sari, F. T., Sumarti, S., & Rusminto, N. E. (2020). Teks Laporan Hasil Observasi Smkn 1 Talangpadang dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 8(2), 1–11. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20477/14383

Sari, Y., Ramadhan, S., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446–453. https://doi.org/10.31227/osf.io/jn3sm

Sudrajat, R. T., & Firmansyah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas X SMA XIX Kartika 1 Bandung. Semantik, 9(2), 157–162. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1930/1021

Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan PUEBI dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Biografi Siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2406

Yulia, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Field. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 349–357. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/642
Published
2021-11-20
How to Cite
Ernis, P., & Wahyuni, N. (2021). Penguasaan PUEBI terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 71-82. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2927
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 2 times