Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara

  • Ani Diana Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ida Ayu Wulandari Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Dessy Saputry Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan analisis terhadap nilai-nilai pendidikan karakter  yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara terdiri atas: 1) Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (religius) 31 kutipan; 2) Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri (moral) 52 kutipan; 3) Nilai karakter dalam hubunganya dengan sesama (sosial) 33 kutipan, dan; 4) Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan 4 kutipan. Adapun nilai pendidikan karakter yang paling banyak terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara  adalah nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri (moral) dan yang paling sedikit adalah nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan. Banyaknya nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel ini sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah.

 

 

Kata kunci: Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, Novel

References

DAFTAR PUSTAKA

Dewi, P, & Nurjaya. (2014). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, 2(1), 1-33. Doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v2.i1.3438.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harmanti, S, & Abdurrokhman. (2020). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Matahari Karya Adenita.Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 183-193. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i2.

Kemendikbud. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ma’rufah. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.DIKSATRASIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 24-36. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/2062.

Mashita, M., Gani, E., & Nst, B. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 85-94. DOI: https://doi.org/10.24036/1294-019883.

Murniasih, Y, & Irma. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari.WANASTRA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 66-71. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pabichara, K. (2012). Sepatu Dahlan. Jakarta: Noura Books.

Suwardani, NP. (2020). Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar: UHNI Press.

Tansliova. (2018). Nilai-nilai Karakter Bangsa Pada Novel Ranah 3 Warna dan Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi serta Kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter.Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 1-16. Retrieved fromhttps://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/issue/view/31

Yulianto, N, & Mufti. (2020). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia.Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan pengajarannya, 1(1),110-123. Doi:10.22515/tabasa. v1i1.2596.Abstract views:843.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 86 times
PDF downloaded = 179 times