Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Keterampilan Menulis Teks Editorial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap keterampilan menulis teks editorial siswa SMA N I Situjuah Limo Nagari. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif berupa penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara hasil keterampilan menulis teks editorial antara model scramble dengan metode konvensional (thitung= 3,9269 > ttabel=2,000). Simpulan, Pembelajaran kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran scamblelebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model konvensional.
Kata Kunci: Menulis Teks Editorial, Pembelajaran Scramble
References
Hartika, N., & Ismayanti, R. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–51. https://doi.org/10.47080/progress.v1i1.128
Haryani, J., & Febriyanti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Editorial Menggunakan Strategi Jigsaw. Indonesian Journal of Education Research, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.37251/ijoer.v1i2.95
Jumiati, U. (2019). Pengaruh Model Scramble Tipe Wacana Berbantuan Whatsapp Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 13–24.
Kusmayadi, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Editorial Dengan Model Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW). Syntax Fusion : Jurnal Nasional Indonesia, 1(1), 151–156.
Kusmiati, I., Nurdin, N., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 149. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.5985
Mutiah Ariska Putri dan Saddhono, B. W. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 223–237.
Rahayu, I. S., Nurhayati, S., & Manik, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Pada Keterampilan Menulis Kalimat Siswa Kelas Iii Sdn Pabuaran Tumpeng 2 Kota Tangerang. 1(November), 191–202.
Sari, T. P., Dawud, D., & Andajani, K. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 51. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11853
Sayekti, O. M. (2020). Peningkatan motivasi membaca permulaan melalui metode scramble kalimat pada siswa Kelas 2 SDN Pandeyan Yogyakarta. Foundasia, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.36160
Sukriyah, D., Widadah, S., Sidoarjo, S. P., Sidoarjo, S. P., & Sidoarjo, S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa model Scramble is quite influential on students ’ mathematical critical thinking skills . Key words : Cooperative Learning Model Scramble , Critical Th. Zeta-Math Journal, X(X), 1–7.
Suryana dan Ginting, S. W. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Pada Siswa Kelas Xii IPA SMA Swasta YPIS Maju Binjai. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–23.
Try Agustina, E. S. (2021). Hubungan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Kaidah Kebahasaaan Teks Editorial terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial siswa kelas XII SMA islam azzahrah palembang. 17–27.
Wulandari, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Procedure Melalui Model Pembelajaran Scramble Text Siswa. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(2), 171–186.