Implementasi Penggunaan Google Classroom sebagai Alternatif Platform Pembelajaran Bahasa Indonesia selama Pandemi Covid-19

  • Prasetyo Yuli Kurniawan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Atikah Mumpuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan ini untuk mendeskripsikan dan menguraikan implementasi penggunaan google classroom dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam hal penyajian materi, penggunaan metode, dan permasalahan yang muncul dari penggunaan google classroom. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyajian materi dalam google classroom disajikan dengan bervariasi; 2) metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan google classroom adalah kombinasi beberapa metode; dan 3) permasalahan yang kerap muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis google classroom adalah terkait ketersediaan perangkat, tidak dibacanya informasi hingga selesai, serta sistem penilaian. Simpulan  yang dapat dikemukakan yaitu penyajian materi dalam google classroom disajikan dengan bervariasi, penggunaan  metode google classroom kombinasi dari beberapa metode, dan permasalahan yang muncul seperti ketersediaan perangkat, tidak dibaca informasi sampai tuntas serta sistem penilaian yang kurang maksimal.

 

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Google classroom, pandemi covid-19 

References

DAFTAR PUSTAKA
Badriyah, N., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2020). Characteristics of Writing Explanation Text Enrichment Book Containing 21st Century Competence for Senior High School Students. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(3), 239–246. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/seloka.v9i3.40460

Hussaini, I., Ibrahim, S., Wali, B., Libata, I., & Musa, U. (2020). Effectiveness of Google Classroom as a Tool For Teaching and Learning: Students’ Perceptions. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 4(4), 51–54. https://www.rsisinternational.org/virtual-library/papers/effectiveness-of-google-classroom-as-a-digital-tool-in-teaching-and-learning-students-perceptions/

Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Keefektifan Pembelajaran Daring Berbasis Platform Google Classroom dengan Platform Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 42–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/sasando.v4i2.158

Ni, L. B. (2020). Blended Learning Through Google Classroom. International Journal of Education and Pedagoical Sciences, 14(4), 220–226. https://publications.waset.org/10011150/blended-learning-through-google-classroom

Nurpratiwiningsih, L. (2021). Pembelajaran Google Classroom bagi Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 105–109. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p105-109

Okmawati, M. (2020). The Use of Google Classroom during Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.109293

Rahmawati, B. F., Zidni, Z., & Suhupawati, S. (2020). Learning by Google Classroom in Students’ Perception. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012048

Sa’adah, N., & Doyin, M. (2019). Learning Short Story Writing by Quantum Model for Eleventh Graders Based on Learning Styles. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.15294/seloka.v8i3.31474

Sultanova, L. Y., Tsiuniak, O. P., Milto, L. O., Zheludenko, M. O., Lyktei, L. M., Petrenko, L. M., & Uchitel, A. D. (2020). The Potential of Google Classroom Web Service for Lecturers of Higher Educational Establishments Under Pandemic Conditions. CEUR Workshop Proceedings, 2879(1), 346–365. https://doi.org/10.31812/123456789/4445

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation of Google Classroom as the E-learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics During COVID- 19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5793–5803. https://www.researchgate.net/publication/342719907_The_Implementation_of_Google_Classroom_as_the_E-Learning_Platform_for_Teaching_Non-Parametric_Statistics_during_COVID-_19_Pandemic_in_Indonesia
Published
2022-06-29
How to Cite
Kurniawan, P., & Mumpuni, A. (2022). Implementasi Penggunaan Google Classroom sebagai Alternatif Platform Pembelajaran Bahasa Indonesia selama Pandemi Covid-19. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 237-245. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3731
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times