Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia dan mendeskripsikan implikasi dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia dalam pembelajaran teks novel. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia adalah sebagai berikut: pertama, (1) nilai cinta kasih terdapat 9 satuan peristiwa (2) nilai tolong menolong terdapat 5 satuan peristiwa (3) nilai kepedulian terdapat 9 satuan peristiwa (4) nilai empati terdapat 10 satuan peristiwa. Kedua, Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dalam bentuk RPP dan Materi Ajar Teks Novelimpulan, nilai-nilai sosial yang paling dominan dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia adalah nilai empati.
Kata kunci: Nilai-nilai sosial, Novel
References
Eliastuti, M. (2017). Analisis Nilai-Nilai Moral dalam Novel “Kembang Turi†Karya Budi Sardjono. Jurnal Genta Mulia, VIII(1), 40–52.
Fauuziah, S., Purwaningrum, I. N., & Mulyadi. (2021). Nilai-nilai sosial dalam novel tokyo dan perayaan kesedihan karya ruth priscilia angelina. 829–837.
Hapsari, E. D., & Soleh, D. R. (2018). Nilai Sosial Budaya dan Nasionalisme dalam Novel Burung-Burung Manyar Karya Yb. Mangunwijaya. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–15. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3365
Lestari, S. W., & Dewi, T. U. (2020). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Sang Juara Karya Al Kadrl Johan: Tinjauan Sosiologi Sastra. … : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2), 273–288. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/1803
Nandasari, V., & Hasanah, D. U. (2020). Kritik sosial dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel orang-orang biasa karya andrea hirata. Alayasastra, 16(2), 217–236. https://doi.org/10.36567/aly.v16i2.664
Sari, L, N., Agustina, E., & B. L. (2019). Nilai-nilai Sosial dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Korpus, III(1), 55–65.
Nisaul, C,. R., & Nurmina, N. (2020). Analisis Nilai Sosial dalam Adat Perkawinan Masyarakat Aceh di Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. 1((01)), 31–39. http://103.215.72.91/index.php/alt/article/view/154
Ramlah., & Amir, M. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan yang terkandung dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi ke dalam Pembelajaran Sastra di MTS N Pangkep. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 361–370.
Rosianti, M., Widayanti, M., & Sugiyanto, Y. (2019). Nilai Sosial Dalam Novel “Ayah†Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiologi Sastra. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.475
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Sauri, S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 6(2), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/2687/2709
Fauziah,S. (2021). Nilai-nilai Sosial dalam Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan Karya Jazuli Imam (Pendekatan Sosiologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 1–16.
Sri Rahayu, S., & Kusyani, D. (2017). Sociological Analysis of Litterature in the Novel Negeri di Ujung Tanduk By tere Liye. 1–5.
Taha, N. (2021). Implementasi Nilai Moral Novel Kubah Karya Ahmad Tohari Dalam Pembelajaran. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 43–48. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.73
Wa Mirna. (2019). Analisis Nilai –Nilai Pendidikan Dalam Novel “Kaki Saya Bulat†Karya Suharyo Widagdo. Jurnal Lingue : Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 2(1), 88–95.