Analisis Pendidikan Karakter pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Rio Saputra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara lengkap dan mendalam tentang: Pendidikan karakter pada materi ajar sastra dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas 4. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi (content analisys), dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pendidikan karakteryang terdapat pada materi ajar sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pendidikan karakter pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas4 dalam materi ajar sastra sangat beragam. Olah hati sebesar 46% berupa karakter: religius, jujur, amanah, empati, cinta, syukur, keberanian, tanggung jawab, dan hati nurani. Pendidikan karakter olah hati yang tidak ditemukan adalah adil.   Olah pikir  sebesar  12%, berupa karakter: pengendalian diri, bersikap positif, dan perhatian. Pendidikan karakter yang tidak ditemukan adalah kreatif dan rasa ingin tahu. Olah raga sebesar  24%, berupa karakter: bekerja keras, disiplin, mandiri, dan keuletan. Olah rasa dan karsa sebesar 18% berupa karakter: peduli, gotong royong, komunikatif, kerendahan hati, dan rasa hormat. Pendidikan karakter olah rasa dan karsa yang tidak ditemukan adalah toleransi, nasionalis, dan bijaksana. Deskripsi keragaman pendidikan karakter ini memiliki kewajiban terhadap  Tuhan sebesar 3% (2 data), terhadap diri sendiri 34% (26 data), terhadap keluarga 10% (6 data), terhadap masyarakat dan bangsa 29% (17 data), terhadap alam lingkungan 14% (8 data). Simpulan menunjukkan masih terdapat ketimpangan prioritas intensitas pendidikan karakter danbelum  terjadinya  keseimbangan  dalam menumbuh kembangkan pendidikan karakter melalui materi ajar sastra.

 

References

Abidin. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Aristotle. (1933). Metaphysics. London: Hardvard University Press.

Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529

Bogan, M., Cody, S., Gro, J., & Horvathova, M. (2015). Character Education for the 21 st Century :February.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi (L. Jusuf (ed.)). Gramedia.

Brown, B. (2012). Daring greatly: How the courage to be vulnerable transforms the way we live, love, parent, and lead. Penguin.

Budhiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Arahan Khusus Presiden Gerakan Nasional Revolusi Mental [Strengthening Character Education: Special Presidential Directive National Mental Revolution Movement]. cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/content/download/44

Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/JP2SD.V8I1.12369

Dewey, J. (1997). Experience and Education. New York: Kappa Delta Pi.

Eka, A. M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Cerita Rakyat Kelas VI SD/MI.

Elyusra, E., & Saputra, R. (2019). Capaian Pembelajaran Apresiasi Prosa Fiksi Yang Berorientasi Pada Lapangan Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. Lateralisasi, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i2.562

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.17977/UM022V2I22017P079

Gardner, H. (2015). The Five Minds for the Future. Https://Doi.Org/10.1086/591814, 5(1/2), 17–24. https://doi.org/10.1086/591814

Gestiardi, R., & Suyitno, S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.39317

Gray, A. (2016). The 10 skills you need to thrive in the Fourth Industrial Revolution. Https://Www.Weforum.Org/Agenda/2016/01/the-10-Skills-You-Need-to-Thrive-in-the-Fourth- Industrial-Revolution.

Hamdani, D. Al. (2014). The Character Education in Islamic Education Viewpoint. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 98–109. https://doi.org/10.15575/JPI.V1I1.614

Hendarman. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan karakter : Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. menterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Irawati, R. P., & Purwani, N. (2013). Nilai-Nilai Moralitas Dan Budaya Asing Dalam Sastra Anak Terjemahan Melalui Pemaknaan Sastra Anak Oleh Anak. Lingua, 9(1).

Kabat-Zinn, J. (1990). Full Catastrophe Living: Using the Wisdom of Your Body and Mind to Face Stress, Pain, and Illness. Delacorte.

Koellhoffer, T. T. (2009). Character Education: Being Fair and Honest. Infobase Publishing.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN, 4(1). https://doi.org/10.2121/SIP.V4I1.991

Kotter, J. P. (2014). Leading Change: Strategi Kepemimpinan Bisnis dari Pakar Kenamaan Dunia. Gramedia.

Latifah, N., & Permatasari, R. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik siswa SD kelas IV kurikulum 2013. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/IJOEE.V1I1.2565

Lickona, T. (2015). Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (Juma Abdu Wamaunggo (ed.)). Bumi Aksara.

Lickona, T. (2016). Character Matters (Persoalan Karakter) Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2021). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Https://Doi.Org/10.1080/03057240.2020.1862073. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1862073

Metcalfe, J., & Moulin-Stożek, D. (2021). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education, 43(3), 349–360. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049

Moody, H. L. B. (1970). The Teaching of Literatur with special reference to developing Countries. London: Longman.

Morin, E. (2001). Seven complex lessons in education for the future; 1999. 64. http://unesdoc.unesco.org/images/0011/001177/117740eo.pdf

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendiidkan. Depok: Rajawali Pres.

Normawati, N. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Smp Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 48–69. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8612

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Nurjaya, I. G. (2018). Pendidikan Karakter pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional V Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 174. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnasbasindo/article/download/1276/955

Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270

Purnama, R., Dan, I., & Elmubarok, Z. (2014). Pengembangan buku ajar bahasa indonesia tematik berkarakter bagi siswa SD melalui sastra anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2). https://doi.org/10.21831/JPK.V0I2.2179

Putri, M. (2022). Pengembangan buku cerita anak berbasis nilai karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air untuk peserta didik kelas IV SD/MI.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD Vol.3 No.2, 3(2), 201–214.

Renandya, W. A. (2003). Methodology and Materials Design in Language Teaching Current Perception and Practices and Their Implications. SEAMEO Regional Language Centre.

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Rustinar, E., Atmaja, L. K., & Saputra, R. (2022). Edukasi Semangat Membaca Bagi Anak Usia Dini Di Ra Al-Huda Rt/15 Rw/003 Perumnas Diknas Kelurahan Surabaya Kota Bengkulu. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/3195/2246

Samani, M., & Hariyanto. (2016). Konsep dan Model: Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saputra, R., & Putra, R. D. (2012). Setiap Orang Berhak Sukses (Andriansyah (ed.); 1st ed., Vol. 1). Raih Asa Sukses.

Saputra, R, Yuniarti, R., & Gunawan, G. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Blended Learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Science and Social Research, 4(3), 283–290. https://doi.org/10.54314/JSSR.V4I3.675

Shihab, Q. (2017). Yang Hilang dari Kita : Akhlak. Tanggerang Selatan: Lentera Hati.

Srimawirya, S., Musaddat, S., Jaelani, A. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Analisis nilai pendidikan karakter pada materi cerita pelajaran bahasa indonesia kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 1(2), 1–10. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/22

Sternberg, R. J. (2003). Wisdom, intelligence, and creativity synthesized. In Wisdom, Intelligence, and Creativity Synthesized. https://doi.org/10.1017/CBO9780511509612

Sulthoni, S. (2017). Penanaman nilai-nilai budi pekerti di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 100–108. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p100

Susanti, Ri. D. (2016). Pembelajaran Apresisasi Sastra Di Sekolah Dasar. Elementary, 3(1).

Tripungkasingtyas. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

UNESCO. (2005). A Comprehensive Strategy for Textbooks and Learning Materials. France: UNESCO, (pp. 1–56).

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyono, K. (2018). Analisis implementasi full day school sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SD muhammadiyah 4 kota malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 65–74. https://doi.org/10.22219/JP2SD.V6I1.5904

Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Zulfah, Z. (2021). Karakter: Pengendalian diri. Iqra : Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1(1), 28–33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5803
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 125 times
pdf downloaded = 150 times