Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa Komering

  • Revi Rendika Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Ratu Wardarita Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Ali Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gejala pergeseran bahasa Komering dan menentukan langkah pemertahanan bahasa Komering di Desa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur Penelitian ini fokus pada gejala pergeseran bahasa Komering di Desa Gumawang mengacu pada teori Sumarsono yang ditinjau melalui ranah sikap bahasa, ranah keluarga, ranah ekonomi, ranah migrasi dan ranah sekolah. Selanjutnya langkah pemertahanan bahasa Komering ditinjau dari ranah keluarga, ranah pergaulan dan ranah sikap bahasa mengacu pada teori Downes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala pergeseran bahasa Komering mengalami peningkatan di Desa Gumawang yang ditemukan dalam ranah sikap bahasa, ranah keluarga, ranah ekonomi, ranah migrasi dan ranah sekolah. Selain itu juga, langkah pemertahanan bahasa Komering untuk meminimalisasi gejala pergeseran bahasa Komering di Desa Gumawang melalui ranah keluarga, ranah pergaulan dan ranah sikap bahasa. Selain melalui 3 ranah tersebut ditemukan pula langkah pemertahanan bahasa Komering melalui ranah teknologi. Teknologi dinilai mampu mempertahankan bahasa Komering yang dapat dilakukan dengan mudah dan dilakukan oleh siapa saja.

 

Kata Kunci: Pemertahanan Bahasa, Pergeseran Bahasa, Teknologi, Teori Downes, Teori Sumarsono

References

Alimin, R, Asyik, A. G., & Wildan. (2020). Pergeseran Dan Pemertahanan Bahasa Pakpak Dialek Boang Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Aceh: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala Provinsi Aceh.

Arka, I. W. (2017). Kompleksitas Pemertahanan Dan Revitalisasi Bahasa Minoritas Di Indonesia: Pengalaman Proyek Dokumentasi Rongga, Flores. Masyarakat Indonesia. 37(1), 35- 56.

Azwardi. (2016). Upaya Pemertahanan Bahasa Aceh Sebagai Salah Satu Bahasa Ibu di Nusantara. Prosiding Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (45-57).

Chaer, A., & Agustina, L. (2017). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, E., Mulyana., Mulyani, H., & Suwardi. (2013). Strategi Pemertahanan Bahasa Jawa Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

FOKKU Sumsel. (2011). Kamus Bahasa Daerah. Palembang: FOKKU Sumsel.

Ibrahim, G. A. (2011). Bahasa Terancam Punah: Fakta, Sebab-Musabab, gejala, dan Strategi Perawatannya. Linguistik Indonesia. 1, 35-52.

Komalasasi, I., & Rusdiana, I. (2017). Upaya Pemertahanan Bahasa. 2nd NEDS Proceedings, 105- 112.

Mahsun. (2006). Metode Pemetaan Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekmiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mardikantoro, H. B. (2012). Bentuk Pergeseran Bahasa Jawa Msyarakat Samin dalam Ranah Keluarga. Jurnal Litera. 11(2). 204-215.

Mardikantoro, H. B. (2016). Pemertahanan Bahasa Jawa dalam Pertunjukan Kesenian Tradisional di Jawa Tengah. Jurnal Litera. 15(2), 269-280.

Mardikantoro, H. B. (2007). Pergeseran Bahasa Jawa dalam Ranah Keluarga pada Masyarakat Multibahasa di Wilayah Kabupaten Berebes. Jurnal Humaniora. 19, 43-51.

Mascita, D. E., Sariah, & Susilowati, S. (2021). Strategi Pemertahanan Bahasa Sunda Lea Indramayu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 182-191.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pateda, M. (2011). Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.

Pratiwi, D. (2006). Pergeseran Bahasa Sebagai Dampak Sikap Bahasa. FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Diksi. 13(1), 86-94.

Putri, N. W. (2018). Pergeseran Bahasa Daerah Lampung Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2). 77-86.

Setiawan, A. (2011). Bahasa Daerah Dalam Perspektif Kebudayaan Dan Sosiolinguistik: Peran Dan Pengaruhnya Dalam Pergeseran Dan Pemertahanan Bahasa. International Seminar “Language Maintenance and Shift”.

Schwartz, S. (2017). Writing Chiwere: Orthography, literacy, and language revitalization. Language&Communication. Language & Communication, 30(1), 1-13.

Nurhayati, E., Mulyana, M., Mulyani, M., & Suwardi, S. (2013). Strategi Pemertahanan Bahasa Jawa Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharyo. 2018. Nasib Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia dalam Pandangan dan Sikap Bahasa Generasi Muda Jawa. Jurnal NUSA, 13(2)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono. (2012). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tabrani, A. T. & Prasetyoningsih, L. S. A. (2017). Pengembangan Pemertahanan Bahasa Jawa Melalui Budaya Lokal Guyub Tutur dalam Kajian Antropolinguistik. Jurnal Litera 16(1),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009. tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran dan Kegiatan Sekolah. Jurnal Kredo

Zulaeha, I. (2017). Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan. UNNES. Jurnal Peradaban Melayu. Jilid 12.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 78 times
pdf downloaded = 126 times