Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19 menuju Era Masyarakat 5.0

  • Neti Kartini Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Ratu Wardarita Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi pendidikan karakter saat ini dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19 dan peralihan era masyarakat 4.0 menuju era masyarakat 5.0. Penelitian ini fokus pada kondisi karakter 33 siswa XI OTKP SMKN 1 Buay Pemuka Bangsa Raja pada masa pemulihan pandemi Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pendidikan karakter pada masa pemulihan pandemi Covid 19 menunjukkan penurunan karakter (banyak karakter tidak baik). Berbanding terbaik dengan perkembangan teknologi yang berlangsung cepat sebagai solusi untuk mengatasi masalah pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Namun, ketidaksiapan menghadapi pandemi Covid 19 menjadi penyebab terjadinya penurunan karakter siswa. Belajar dari ketidaksiapan pandemi Covid 19, pesiapan menuju era masyarakat 5.0 dengan penguatan pendidikan karakter yang bisa diterapkan pada sekolah melalui pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan pendidikan karakter dan teknologi bisa berjalan bersama ke arah yang baik.

Kata Kunci : Era Masyarakat 5.0, Pandemi Covid 19, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Karakter

References

Adiputra, N. P. (2021). Pembelajaran Era Society 5.0 di Era Pandemi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Almahdi, Z., & Virayka, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Revolusi 5.0. Prosiding Samasta.

Elvis, M. (2020). Pedagogi di Era Digital dalam Konteks Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1). ISSN: 2303-1514 E-ISSN: 2598-5949.

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240 - 2246.

Hidayati, E. S., & Andani, P. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 877-888.

Jumarudin, J. G. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2), 114-129.

Juniartini, N. M. E., & Rasna. I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa. 9(2), 133-141.

Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 58-78.

Mustoip, S., & Japar, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 61-66.

Numertayasa, I. W. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMK dengan Memanfaatkan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional V Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 136-143.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, PBSI 8(1). 16-24.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Mengunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio, 3(2), 2017, 32-43. http://jurnal. iicet.org.

Setiawati,. & Kurnia, B. (2021). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 3(2), 1-10.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3 (4). 681-187.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY, 32-37.

Syamsudin, M. I., & Misro. (2020). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Pada Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 574-587.
Published
2022-12-31
How to Cite
Kartini, N., Wardarita, R., & Wardiah, D. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19 menuju Era Masyarakat 5.0. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 6(1), 203-214. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i1.4837
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times