Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Teknik Permainan Bahasa dan Media Reading Box
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatakan kemampuan menulis puisi dapat ditunjukkan dan diperjelas dari hasil analisis bahwa perilaku peserta didik menunjukkan adanya perubahan secara signifikan. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik permainan bahasa dan media reading box pada siswa kelas VIII.1 SMPN 2 Tanah Abang, Pali. Pada tingkatan siklus I menunjukkan bahwa hasil tes menulis pada siklus I sebanyak 60% (18 orang dari 30 peserta didik) sudah mencapai standar kriteria ketuntasan minimal, sisanya yaitu 40% (12 orang dari 30 peserta didik) belum bisa mencapai ketuntasan, dengan nilai terendah yaitu 40 dan nilai tertinggi 86. Sedangkan dari hasil tes kemampuan menulis diperoleh nilai rata-rata 66. Kemudian keberhasilan penulis pada kegiatan siklus II ditunjukkan dari nilai siswa yaitu 81-100 sebanyak 77% yaitu 23 orang peserta didik memperoleh predikat sangat baik. Sedangkan nilai 61-80 berjumlah 7 orang dengan predikat baik. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan peserta didik pada pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik permainan bahasa dan media reading box mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Media Reading Box, Menulis Puisi, Teknik Permainan Bahasa
References
Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B . Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Waluyo, H. (2002). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Widyamarta. (2002). Seni Menuangkan Gagasan Menulis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.