Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fabel melalui Metode Mind Mapping

  • Ratih Kesumawardhani Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Ali Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas proses dan peningkatan hasil menulis cerita fabel dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMPN OKU. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeksiswa kelas VII  sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks cerita fabel dilihat dari adanya perubahan sikap siswa pada beberapa aspek. Aktivitas guru pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 63,84% meningkat menjadi 73,94% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 78,33% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Total nilai keterampilan menulis teks cerita fabel siswa  pada siklus I mencapai 1596. Nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 63,84 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 32%. Pada siklus II nilai keterampilan menulis cerita fabel mencapai 1940. Nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 77,6 dengan persentase kentuntasan klasikal mencapai 88%.

 

Kata Kunci: Fabel, Menulis, Mind Mapping

 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Buzan, T. (2020). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, N. (2018). “Peningkatan Kemampuan menulis cerita pendek melalui Model Pembelajaran Mind Map
pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palemang”. Skripsi. Palembang: Universitas PGRI.

Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 62 times
pdf downloaded = 98 times