Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fabel melalui Metode Mind Mapping
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas proses dan peningkatan hasil menulis cerita fabel dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMPN OKU. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeksiswa kelas VII sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks cerita fabel dilihat dari adanya perubahan sikap siswa pada beberapa aspek. Aktivitas guru pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 63,84% meningkat menjadi 73,94% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 78,33% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Total nilai keterampilan menulis teks cerita fabel siswa pada siklus I mencapai 1596. Nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 63,84 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 32%. Pada siklus II nilai keterampilan menulis cerita fabel mencapai 1940. Nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 77,6 dengan persentase kentuntasan klasikal mencapai 88%.
Kata Kunci: Fabel, Menulis, Mind Mapping
References
Buzan, T. (2020). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahayu, N. (2018). “Peningkatan Kemampuan menulis cerita pendek melalui Model Pembelajaran Mind Map
pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palemangâ€. Skripsi. Palembang: Universitas PGRI.
Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.