Pendidikan Karakter dalam Pertunjukkan Seni Teater “Bangku Kayu dan Kamu yang Tumbuh di Situ†Sutradara Yusril
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai pendikan karakter yang terkandung dalam pertunjukkan seni teater “Bangku Kayu dan Kamu yang Tumbuh di Situ†Sutradara Yusril. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diperoleh melalui teknik dan instrument pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Teknik validasi dan reliabilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik, bahan referensi. Indikator capaiannya memperoleh data nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam seni teater “Bangku Kayu dan Kamu yang Tumbuh di Situ†Sutradara Yusril. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian tentang proses pendidikan formal ternyata belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan pendidikan formal telah gagal membangun karakter. Banyak lulusan sekolah dan sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mentalnya lemah, penakut, dan perilakunya tidak terpuji. Disinilah juga fungsi pendidikan karakter yang digambarkan oleh pertunjukan karya “Bangku Kayu dan Kamu Yang Tumbuh di Situ†sutradara Yusril, yaitu supaya dapat membenahi moral para penerus bangsa ini. Simpulan, kecerdasan memang penting akan tetapi lebih baik lagi apabila kecerdasan tersebut diiringi oleh moralitas yang baik. Pada dasarnya moralitas adalah suatu disiplin. Semua disiplin mempunyai tujuan ganda yaitu mengembangkan suatu keteraturan tertentu dalam tindak-tanduk manusia dan memberinya suatu sasaran tertentu yang sekaligus juga membatasi cakrawalanya.
Kata kunci: Karakter, Pendidikan, Teater, Sekolah
References
Hudha, T. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Teater Games. ABDI SENI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 153–168.
Jaeni. (2019). Teater Sebagai Media Komunikasi Pendidikan. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1124. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.414
Nuwa, G., Bebhe, M., & Syamsyah, N. (2017). Exploring the Cultural Values of Kiki Ngi’i as the Basis for Youth Character Education in the Soa Community of Ngada Regency, East Nusa Tenggara Province. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(2), 131–145. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.5
Purnama, A. S., Maarifarsyah, M. K., Nengsih, P. R., Desiana, D., Putra, Y. G. H., & Anggraini, G. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Seni Teater Berbasis Kearifan Lokal Secara Daring untuk Anak-Anak Kampung Kumuh Pasar Keramat. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.971
Putra, A. W., & Nuryanto, J. (2020). Pengembangan Karakter Mahasiswa pada Proses Pentas Drama Keliling Tahunan di UKM Teater 28 Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Metabasa, 2(1), 1–9.
Saaduddin, S., Novalinda, S., Yuliza, F., & Pramayoza, D. (2019). Teater Boneka Wayang Sayur : Pemanfaatan Sayuran Sebagai. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5458(2), 161–173. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/article/view/2500
Tysha, A. S., & Handayaningrum, W. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Tari Di Sman 8 Malang. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 29–41. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p29-41
Wijayanti, K. D., Waluyo, B., Sulaksono, D., Fitriana, T. R., & ... (2019). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Melalui Metode Sosiodrama Sebagai Langkah Penguatan Daya Saing …. Senadimas Unisri, September, 298–304. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3266
Wirawan, K. I. (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Calonarang (Kajian Teori Kaca Rasa Taksu) The Planting Of Character Education Values Through The Art Performance Of Dramatari Calonarang (Theory Study of Kaca Rasa Taksu). 69–79.
Wulan, P., Siti, A., & Ifan, I. A. R. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 255–263. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6