Perkembangan Bahasa Anak Usia Empat Tahun (Tinjauan Psikolinguistik )

  • Kamiri Kamiri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sulaeman Agus Hankuk University of Foreign Studies South Korea

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan anak umur 4-5 tahun Jenis  metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, di mana peneliti berusaha untuk mengetahui bagaimana perkembangan bahasa anak usia empat tahun  dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kualitatif peneliti sebagai pengolah data mulai dari proses pengumpulan sampai proses analisis data dengan menyediakan tabel analisis tentang perbendaharaan kata dan pelafalan anak usia empat tahun di Desa Karet RT 07/02 Cadas Kabupaten Tangerang Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap.  Metode kedua yang digunakan peneliti adalah metode cakap penyediaan data yang ditempuh dalam pengumpulan data itu adalah berupa percakapan antara peneliti dengan informan” Dengan adanya metode cakap ini bertujuan untuk mengetahui berupa percakapan antara subjek dengan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam melaksanakan metode cakap ini adalah teknik pancing, karena percakapan yang diharapkan sebagai pelaksanaan metode tersebut hanya dimungkinkan muncul jika peneliti memberi stimulasi (pancingan) pada informan untuk memunculkan gejala kebahasaan yang diharapkan oleh peneliti. dari hasil penelitian pada usia empat tahun, pelafalan kata anak sudah dapat menghasilkan fonem-fonem yang lebih banyak. Kata-kata yang dihasilkan sudah beragam, diantaranya menggantikan fonem, menghilangkan fonem, dan peniruan bunyi seperti meong, gukguk, dan embe. Dalam hal ini, dapat dijelaskan bahwa jumlah perbendaharaan kata yang dikuasai seorang anak berbeda-beda dan sangat bervariasi. Hal tersebut dapat terjadi oleh beberapa faktor, yaitu faktor inteligensi, jenis kelamin, dan kondisi lingkungan keluarga.

Kata Kunci: Perkembangan Bahasa Anak, Psikolinguistik

References

Chaer, A. (2015). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2015). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dimyati, J. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Djamarah, B. S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, I. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Mar’at, S. (2015). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nababan, S. U. S. (2019). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulaeman, A., & Hudhana,W. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa. 2(1), 59-70
http://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA

Sulaeman. A., Sori, S.,Suherman, A & Enawar, E. (2021). Skimming reading techniques on the ability to identify intrinsic drama text elements. Journal of English Language and Literature (JEEL). 6(1), 25-38. https://journal.stibaiec- jakarta.ac.id/ojs/index.php/jell/issue/view/10

Sulaeman, A., Guci, A. F., & Hun, K. Y. Song lyric collection Barasuara Band By Iga Dada Yudhistira Massardi and Implication Towards The Indonesian Language Material In Senior Hgh School. 7(1). 103-116.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H. G. (2009). Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Wiyani, N. A & Barnawi. (2014). Format PAUD: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yin, R. K. (2017). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Edisi revisi

Yusuf, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-12-27
How to Cite
Kamiri, K., & Agus, S. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Empat Tahun (Tinjauan Psikolinguistik ). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 6(1), 113-129. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i1.4950
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times