Ketidakadilan Gender yang Dialami Tokoh Utama dalam Film “The Girl On A Bulldozer†(Semiotika Roland Barthes)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketidakadilan gender pada tokoh utama film The Girl on a Bulldozer dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengacu pada teori semiotika Roland Barthes metode analisis data yang memberikan makna pada teks yang terdapat pada adegan dalam film. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yaitu dengan menonton film The Girl on a Bulldozer, kemudian dipilih visual dari potongan adegan yang ditampilkan untuk penelitian. Sumber data kedua adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur pendukung seperti buku online dan jurnal dari internet yang berhubungan dengan penelitian. Observasi yang dilakukan dengan mengamati setiap dialog dan adegan dalam film. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes kita dapat meneliti sebuah film dengan mengetahui denotasi dan konotasi yang ada pada film tersebut. Makna denotasi dalam film The Girl on a Bulldozer dapat digambarkan dengan makna yang sebenarnya yang dapat dilihat oleh pancaindra yaitu mata. Sedangkan makna konotasi pada film The Girl on a Bulldozer merupakan sebuah pesan yang terkandung pada denotasi.
Kata Kunci: Film, Ketidakadilan Gender, Semiotika
References
Agisa, M. A., Lubis, F. O., & Poerana, A. F. (2021). Analisis semiotika Roland Barthes mengenai pseudobulbar affect dalam film Joker. ProTVF, 5(1), 39. https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i1.29064
Alfathoni, M, A., & Manesah, D. (2020). Pengantar Teori Film. http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/173982/
Basri, S., & Sari, E. (2019). Tari Remo (Ngremong): Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1), 55–69. https://doi.org/10.26740/geter.v2n1.p55-69
Fatimah. (2020). Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). In TallasaMedia 1(69).
Fauzi, A, D. (2022). Metode Penelitian. Banyumas: Pena Persada.
Haryati. (2021). Membaca Film (Memaknai Representasi Etos Kerja Dari Film Melalui Analisis Semiotika) (Nurrahmawati (ed.)). Bintang Pustaka Madani. http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/186275/
Huriani, Y. (2021). Pengetahuan fundamental tentang perempuan. https://digilib.uinsgd.ac.id/42622/%0Ahttp://digilib.uinsgd.ac.id/42622/1/fundamental-gender.pdf
Liyanti, Y. (2022). Universitas Persada Indonesia Y.A.I ABSTRAK. 27(1), 107–121.
Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2 : Berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28–43. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/download/14/18
Pratiwi, A. (2018). Representasi Citra Politik Harry Tanoesoedibjo (Studi Semiotika Roland Barthes Dalam Video Mars
Partai Perindo). Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 17. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1426
Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726–733. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.403
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan
Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43.