Ikon, Indeks dan Simbol dalam Iklan Scarlett Whitening di Youtube

  • Nensilianti Nensiliati Universitas Negeri Makasar
  • Yultriani Damat Universitas Negeri Makasar
  • Ridwan Ridwan Universitas Negeri Makasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ikon, indeks dan simbol dalam iklan Scarlett Whitening di YouTube menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce. Sementara itu metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data dengan cara mengamati secara cermat video iklan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh trikotomi ikon, indeks, dan simbol yang terdapat pada video iklan Scarlett merujuk pada strategi pemasaran yang dimanfaatkan untuk menonjolkan keaslian dari produk Scarlett Whitening, serta produk yang dapat membuat hari-hari kita bersinar seperti Twice (girl group asal Korea Selatan, Kpop) dan juga memberitahukan bahwa Scarlett produk kecantikan ini sudah terjamin dan terpercaya yang dapat mencerahkan kulit. Dengan pemilihan Twice sebagai star brand ambassador dapat meningkatkan popularitas produk Scarlett sehingga dari penayangan iklan tersebut membuat para masyarakat tertarik memilih Scarlett Whitening sebagai produk kecantikan mereka.

Kata Kunci: Iklan, Ikon, Indeks, Simbol, Semiotika

References

Berger, A. A. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam kebudayaan kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Ersyad, F. A. (2022). Semiotika Komunikasi dalam Perspektif Charles Sanders Pierce. CV. Mitra Cendekia Media.https://www.google.co.id/books/edition/Semiotika_komunikasi_dalam_perspektif_Ch/WBRyEAAAQBAJ?hl=id&gl=ID

Hartono, D., & Sugalih, A. (2019). Makna Simbol Senyum pada Iklan Lay’S di Televisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).Prespektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis,3(1), 39–49. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/4713

Honouris, C., & Sukendro, G. G. (2022). Representasi Keselamatandalam Iklan Gojek “It’s Okay to be Lebay” (Analisis
Semiotika Charles Sanders Pierce). Koneksi,6(1), 136–142. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/15502

Lantowa, J.,Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/135956

Liani, T. A., & Wienanda, W. K. (2019). Analisis Semiotik Terhadap Iklan Youtube Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Gama Societa, 3(2), 79. https://doi.org/10.22146/jgs.63921

Official, Scarlett. (2021, Okober 29). Reveal Your Beauty With Twice and Scarlett. YouTube, https://youtu.be/YbMzeQ8nPSE

Pohan, S. D. L., Alfani, H., & Darwadi. M. S. (2021). Analisis Semiotika Charles Sander Peirce Pada Iklan “Vaksinasi Melatih Tubuh Kenal, Lawan, dan Kebal” di Kemkominfo TV. Jurnal Massa, 2(2), 143–157. http://www.journal.unbara.ac.id/index.php/JM/article/view/1670

Sari, Y. R., Lonanda, F., Rasyidah, U., & Roswati, R. (2022). Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Representasi Makna Iklan Sasa: Kajian Semiotik. Lingua Susastra, 3(2), 106–114. https://doi.org/10.24036/ls.v3i2.99

Sasmita, U. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam FIlm Disney Moana (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Kinesik,4(2), 127–144. https://scholar.archive.org/work/mwb43i3mojf4hp72ykwpdmd7oy/access/wayback/http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kinesik/article/download/9391/pdf_1

Siregar, E. D., & Wulandari, S. (2020). Kajian Semiotika Charles SandersPierce: RelasiTrikotomi (Ikon,Indeks dan Simbol) dalam CerpenAnak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 29–41. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Wahjuwibowo, I. S. (2019). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi (Edisi 3). Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. https://www.google.co.id/books/edition/SEMIOTIKA_KOMUNIKASI_EDISI_III/qsKHDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Published
2023-09-04
Abstract viewed = 128 times
pdf downloaded = 247 times