Model Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) terhadap Keterampilan Membaca Teks Hikayat

  • Sufia Rretti STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Poni Ernis STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Fadila Taslim STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap keterampilan membaca teks hikayat siswa kelas X SMKN 2 Kecamatan Guguak. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 205 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa. Cara penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan uji t (t-test) merupakan hasil perbandingan thitung dengan ttabel (2,405>2,021), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Simpulan, keterampilan membaca teks hikayat berpengaruh kuat dengan menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dibandingkan dengan keterampilan membaca menggunakan metode konvensional.

 

Kata Kunci: Hikayat, Keterampilan Membaca, Model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE)

Referensi

Achsani, F., & Rosita, F. Y. (2019). Kemampuan Menceritakan Video Hikayat Abu Nawas Siswa Kelas X Ipa 1 Man 1 Surakarta Melalui Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 103–108. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i2.29420

Agustina, K. R., & Hidayat, T. (2023). Kelas X Sma Negeri 1 Baregbeg. Jurnal Diksatrasia, 7(1), 9–15.

Aini, N. N., & Aprianti, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Unsur Intrinsik Hikayat Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script Di Kelas X SMK. Parole, 2(5), 715–724.

Erinda, E. J. M., Silvia Marni, & Rina Sartika. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Sharing Reading Literacy Terhadap Kemampuan Membaca Teks Hikayat Siswa Kelas X SMA N 15 Padang. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(3), 322–331. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i3.280

Hadiyati, K. P., Suprapto, K. P., & Kamil, P. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 6(2), 77–83.

Haryanti, A. S., & Samosir, A. (2020). Menulis Hikayat Dengan Menggunakan Metode Kearifan Lokal Daerah Balaraja. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 123–126. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3147

Istiqoh, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246

Magfira, A. L. (2022). Pembelajaran Mengidentifikasi Makna Dalam Teks Hikayat Di Kelas X SMA Negeri 1 Toraja Utara. 1–13. http://eprints.unm.ac.id/21631/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/21631/1/ARTIKEL AUREL LANA MAGFIRA 1651041018.pdf

Maida., Dwinitia, S., & Sartika, R. (2022). Hubungan Minat Baca Sastra Sastra terhadap Keterampilan Menulis Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran (ALINEA), 02(01), 157–163. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea

Pratama, P. (2019). Antikorup Si Dengan “ Merpati Mas Dan Perak .” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(2), 15–20.

Putri, D. E., Khairani, Z., & Fitrianti, E. (2022). Kemampuan Menuliskan Kembali Isi Hikayat Dengan Bantuan Media Audiovisual Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa &Sastra Indonesia Ekasakti (KLAUSA), 1(1). http://www.ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/KLAUSA/article/view/493%0Ahttp://www.ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/KLAUSA/article/download/493/493

Putri, F. R., DN, U. Y., & Putri, D. R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Mengembangkan Hikayat ke Bentuk Cerpen Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 861–866. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4186

Rasyid, Y. (2018). Terhadap Keterampilan Mereproduksi Cerita Rakyat Siswa Kelas X Sman 1 Batipuh Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, September, 178–184.

Setvawati, C. K. (2011). Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Teknik Tari Bambu. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02), 16.

Susani, R. G. (2017). Teks Cerita Rakyat Sebagai Materi Autentik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMA Kelas X. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, November, 833–840.

Trisnowali, A., & Aswina, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 43–55. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.315
Diterbitkan
2023-06-29
Abstrak viewed = 88 times
pdf (English) downloaded = 106 times