Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6313Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VIII A SMPN 14 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data meliputi beberapa langkah: (1) teks eksposisi tertulis dinilai berdasarkan indikator evaluasi, (2) hasil penilaian dicatat dalam tabel, (3) dihitung nilainya dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase, (4 ) hasil perhitungan dibandingkan dengan perhitungan tingkat penguasaan, dan (5) ditarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu sebesar 78,25% yang berada dalam rentang 62,50 < x ≤ 81,25 yang menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Secara spesifik, aspek penguasaan dan kelengkapan isi teks memperoleh skor 27,38%, berada dalam rentang 25-29 yang dinilai sangat baik. Aspek koherensi dan kelengkapan struktur teks memperoleh skor 20,85%, berada dalam rentang 20-24, menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Aspek kosa kata dalam menulis teks ekspositori pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 20,90%, berada dalam kisaran 20-24, juga menunjukkan tingkat kemahiran yang baik.
Kata kunci : Kemampuan Menulis; Teks Eksposisi; Siswa SMP
References
Hamdi, M., Mahsun, M., & Sukri, M. (2023). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMP Negeri 2 Gunungsari.” Jurnal Ilmiah Telaah, 8(1):11. doi: 10.31764/telaah.v8i1.13358.
Hasana, I., Auzar, A., & Pertamasari, S. (2023). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangkinang.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2):7414–24.
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975
Irmayanti, I., Tang, M. R., & Garim, I. (2022). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar Karikatur Siswa Sekolah Menengah Atas.” HUMAN: South Asian Journal of Social Studies, 2(2):141–53.
Jultia, W. O., Sahlan, S., & Hanafi, F. (2019). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duraka.” BASTRA (Bahasa Dan Sastra), 4(3).
Kemal, I., & Febriyana, M. (2023). “Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1):127–38.
Putri, N.A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730
Rahmatina, C.A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 27–33. DOI: 10.22373/p-jpft.v1i1.6531
Ramadhan, J., Mboka, I and Sidik, S. (2020). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Collaborative Writing.” Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1):1. doi: 10.30984/jii.v14i1.1028.
Rosdiana, D. (2020). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Strategi Think -Talk Write.” Journal EDUCATIO, 6(1), 132-139.
Sadeli, L. (2020). “Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra.” Jurnal Soshum Insentif, 3(2):211–20. doi: 10.36787/jsi.v3i2.374.
Samini, E., & Suendarti, M. (2020). “Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1):27. doi: 10.30998/diskursus.v3i01.6681.
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). “Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks
Ekposisi Siswa Kelaa Xi Smk Negeri 9 Samarinda.” DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2):89–100. doi: 10.30872/diglosia.v1i2.pp89-100.
Sobolo, K., Rahim, A. R., & Munirah, M. (2021). “Keefektifan Model Stad, Atm, Dan Pemodelan Struktur Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3):102–14. doi: 10.51574/jrip.v1i3.66.
Sumitro, E. A, & Rizqi, H. (2023). “INDONESIA TERHADAP Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri NEGERI 1 Gapura Kabupaten Sumenep.” Journal Pendidikan Bahasa, 12(1). doi: 10.31571/bahasa.v12i1.5713.
Tanjung, D. N. P., Tambunan, N. A., & Saragih, V. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 22–26. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.648
Trisnoningsih, D. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):863–71. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1271.
Widyaningrum, H. K. (2018). “Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Edutama 5(2):89. doi: 10.30734/jpe.v5i2.129.
Wirabhakti, L. W. (2022). “Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Model Picture and Picture Berbasis Tri Hita Karana.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 4(September):83–93.