Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP

  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amik Rusmawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Justya Heryanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rinse Eloudia Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VIII A SMPN 14 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data meliputi beberapa langkah: (1) teks eksposisi tertulis dinilai berdasarkan indikator evaluasi, (2) hasil penilaian dicatat dalam tabel, (3) dihitung nilainya dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase, (4 ) hasil perhitungan dibandingkan dengan perhitungan tingkat penguasaan, dan (5) ditarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu sebesar 78,25% yang berada dalam rentang 62,50 < x ≤ 81,25 yang menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Secara spesifik, aspek penguasaan dan kelengkapan isi teks memperoleh skor 27,38%, berada dalam rentang 25-29 yang dinilai sangat baik. Aspek koherensi dan kelengkapan struktur teks memperoleh skor 20,85%, berada dalam rentang 20-24, menunjukkan tingkat kemahiran yang baik. Aspek kosa kata dalam menulis teks ekspositori pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 20,90%, berada dalam kisaran 20-24, juga menunjukkan tingkat kemahiran yang baik.

 

Kata kunci : Kemampuan Menulis;  Teks Eksposisi; Siswa SMP

References

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamdi, M., Mahsun, M., & Sukri, M. (2023). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMP Negeri 2 Gunungsari.” Jurnal Ilmiah Telaah, 8(1):11. doi: 10.31764/telaah.v8i1.13358.

Hasana, I., Auzar, A., & Pertamasari, S. (2023). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangkinang.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2):7414–24.

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Irmayanti, I., Tang, M. R., & Garim, I. (2022). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar Karikatur Siswa Sekolah Menengah Atas.” HUMAN: South Asian Journal of Social Studies, 2(2):141–53.

Jultia, W. O., Sahlan, S., & Hanafi, F. (2019). “Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duraka.” BASTRA (Bahasa Dan Sastra), 4(3).

Kemal, I., & Febriyana, M. (2023). “Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1):127–38.

Putri, N.A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730

Rahmatina, C.A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 27–33. DOI: 10.22373/p-jpft.v1i1.6531

Ramadhan, J., Mboka, I and Sidik, S. (2020). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Collaborative Writing.” Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1):1. doi: 10.30984/jii.v14i1.1028.

Rosdiana, D. (2020). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Strategi Think -Talk Write.” Journal EDUCATIO, 6(1), 132-139.

Sadeli, L. (2020). “Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra.” Jurnal Soshum Insentif, 3(2):211–20. doi: 10.36787/jsi.v3i2.374.

Samini, E., & Suendarti, M. (2020). “Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1):27. doi: 10.30998/diskursus.v3i01.6681.

Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). “Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks
Ekposisi Siswa Kelaa Xi Smk Negeri 9 Samarinda.” DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2):89–100. doi: 10.30872/diglosia.v1i2.pp89-100.

Sobolo, K., Rahim, A. R., & Munirah, M. (2021). “Keefektifan Model Stad, Atm, Dan Pemodelan Struktur Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3):102–14. doi: 10.51574/jrip.v1i3.66.

Sumitro, E. A, & Rizqi, H. (2023). “INDONESIA TERHADAP Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri NEGERI 1 Gapura Kabupaten Sumenep.” Journal Pendidikan Bahasa, 12(1). doi: 10.31571/bahasa.v12i1.5713.

Tanjung, D. N. P., Tambunan, N. A., & Saragih, V. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 22–26. https://doi.org/10.57251/ped.v2i2.648

Trisnoningsih, D. (2021). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):863–71. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1271.

Widyaningrum, H. K. (2018). “Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Edutama 5(2):89. doi: 10.30734/jpe.v5i2.129.

Wirabhakti, L. W. (2022). “Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Model Picture and Picture Berbasis Tri Hita Karana.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 4(September):83–93.
Published
2023-11-25
Abstract viewed = 16 times
pdf downloaded = 11 times