Campur Kode pada Tuturan Siswa

  • Ani Diana Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Sholikhin Sholikhin Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Lutfi Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk danfaktor-faktor penyebab campur kode pada tuturan siswa kelasXI  SMA Negeri 1 Kotaagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, rekaman, dan simak bebas libat cakap. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 317 siswa dansampel 48 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwaintensitas penggunaan campur kode internal lebih dominan daripada campur kode eksternal dengan jumlah persentase campur kode internal 73% daneksternal27%. Faktor penyebab terjadinya campur kode karena keadaan bilingualisme siswayang menguasai bahasa ibu sebagai bahasa pertama dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua, serta bahasa asing. Simpulan penelitian ini adalah banyak terjadi campur kode pada tuturan siswa.

Kata Kunci: Bilingualisme, Campur Kode, Tuturan

References

Anggraini, F., & Rosalina, S. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Ibu-ibu Warga Desan Pantai Bakti Kabupaten Bekasi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(3), 1-13.https: //dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5095.

Anjayani, E., Aisah, S., & Firdaus, M.Z. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Karangan: Jurnal Kependidikan Pembelajaran dan Pengembangan, 4(1), 23-30.https://doi.org/10.55273/karangan.v3i1.123.

Hidayati, A.S., Rusmawati, R., & Junining, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Bilingual terhadap Perkembangan Diksi,
Tata Bahasa, dan Pelafalan Ujaran Bahasa Daerah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(2), 338-351.https://doi.org/10.31540/silamparibisa. v5i2.1914.

Izzak, A. (2019). Bilingualisme dalam Perspektif Pengembangan Bahasa Indonesia. Mabasan, 3(1), 15-29.https://doi.org/10.26499/mab.v3i1.98.

Mailani, dkk. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Jurnal, 1(2), 2-10.https://doi.org /10.35335/ kampret.v1i1.8

Mualimah, E.N. (2018). Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 2(2), 35-47. https://dx.doi.org/10.22236/jollar.v1i2.3478.

Senjaya, A., Solihat, I., & Riansi, E.S. (2018). Kajian Sosiolingustik Pemakaian Variasi Bahasa Ken (Cant) Oleh Para
Pengemis di Lingkungan Lampu Merah Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Membaca Bhasa dan Sastra Indonesia, 3(2) 111-118.http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5224.

Sukirman, S. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjauan Sosiolingustik). Jurnal Konsepsi, 9(4), 191-197. https://www.p3i.my.id /index.php/konsepsi/article/view/72.

Wijana, I.D.P (2020). Pengantar Sosiolingustik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yuniati, I. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA N 6 Kabupaten Bengkulu Tengah. SILAMPARI BISA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 47-65.https: //doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.14.
Published
2023-06-22
Abstract viewed = 69 times
pdf downloaded = 68 times