Menulis Paragraf dengan Teknik Parafrasa Menggunakan Software Paraphraser
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan menulis paragraf mahasiswa dengan teknik parafrasa menggunakan software paraphraser. Metode yang digunakan quasi experiment pre-post with control group design. Data penelitian berupa hasil tes menulis paragraf dengan teknik parafrasa menggunakan software paraphraser pada kelas eksperimen dan manual pada kelas kontrol. Hasil tes menulis paragraf dengan teknik parafrasa pada kelas eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan uji man whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf mahasiswa dengan teknik parafrasa yang menggunakan software paraphraser lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mahasiswa secara manual. Software paraphraser dapat membantu mahasiswa dalam merangkai kata secara sistematis, mengukur tingkat similaritas karya mahasiswa, dan memberi sensasi belajar yang lebih menyenangkan. Keterampilan menulis paragraf dengan teknik parafrasa sebaiknya terus dilatih agar terbebas dari plagiarisme sehingga mampu mencetak para mahasiswayang berkarakter jujur, kreatif, tanggung jawab, dan menghargai hasil karya orang lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf dengan teknik parafrasa pada mahasiswa efektif ditingkatkan menggunakan software paraphraser.
Kata Kunci: Menulis paragraf, Parafrasa, Software Paraphraser
References
Ardelia, I., & Tiyas, Y. (2019). The Acquisition of Paraphrasing and Its Impact on Teaching and Learning Quotations to Avoid Plagiarism. Getsempena English Education Journal (GEEJ), 6(1), 159–171. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/geej.v6i1.873
Ariyanti, & Anam, S. (2021b). Technology-Enhanced Paraphrasing Tool to Improve EFL Students ’ Writing Achievement and Enjoyment. Journal of English Language Teaching and Linguistics (JELTL), 6(3), 715–726. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21462/jeltl.v6i3.698
Edutafsi. (2016). Pengertian Parafrasa, Ciri-ciri, Jenis, dan Cara Membuatnya. Edutafsi.com. https://www.edutafsi.com/2016/08/ciri-parafrasa-dan-cara-membuat-parafrasa.html
Faizti, N. (2021). Inilah 5 Dampak Plagiarisme Yang Harus Diwaspadai. https://www.duniadosen.com/dampak-plagiarisme/
Fatimah, S., & Murywantobroto. (2021). Media Pembelajaran Virtual Menggunakan Teknik Parafrase pada Pembelajaran Menulis Puisi B di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional, 43, 194–203.
Hans, D. M. (2017). The Effectiveness of Paraphrasing Strategy in Increasing University Students’ Reading Comprehension and Writing Achievment. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 2(1), 10–18. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/752
Hans, D. M. (2019). the Effectiveness of Paraphrasing Strategy in Increasing University Students’ Reading Comprehension and Writing Achievement. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hidrawati, D., Budiati, A. C., & Zaini, R. (2015). Habituasi Plagiarisme Tugas Kuliah di Kalangan Mahasiswa FKIP UNS. Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2), 1–21. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/10583
Iqbal, M. (2022). Belajar jadi Menyenangkan dengan Pembelajaran Berbasis Digital. Dioilalbisa. https://digitalbisa.id/artikel/belajar-jadi-menyenangkan-dengan-pembelajaran-berbasis-digital-6WVpc
Madani, M. U., & Ardianti, R. (2020a). Teknik Parafrase Dalam Ketrampilan Menulis. Prosiding Seminar Nasional Pbsi-III Tahun 2020, 343–344. https://digalib.unimed.ac.id
Malabay. (2022). Pelatihan dan Penyuluhan Teknik Parafrase Manual serta Parafrase Otomatis untuk Kebutuhan Tulisan. Jurnal Abdimas, 8(5), 287–290. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/abd.v8i05.5412
Mariani, Rahayu, P. S., & Nor, H. (2021). Paraphrasing Strategies in Higher Education. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana, 418–428. https://idr.uin-antasari.ac.id
Miranda, D. (2021). The Impact Of Paraphrasing Tools On Students Paraphrasing Skills. Thesis. https://repository.ar-raniry.ac.id
Na, C. Do, Xuan, N., & Chi, N. (2017). Paraphrasing in Academic Writing : a Case Study of Vietnamese Learners of English. Language Education in Asia, 8(1), 9–25. https://doi.org/https://doi.org/10.5746/leia/17/v8/i1/a02/na_mai
Pertiwi, I. (2019). Students’ Paraphrasing Techniques in Writing (A Study at The Senior Students of English Program of IAIN Parepare). Skripsi, 8(5), 1–109. https://repository.iainpare.ac.id
Rahmayani, S. O. (2018). Students ’ Difficulties in Paraphrasing English Text Ar-Raniry State Islamic University Darussalam - Banda Aceh. 46–47.
Ramadhani, P. (2020). The Role of Paraphrasing in Writing Research Papers. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 2(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/alsuna
Relia, C. H., Daud, A., & Delfi, S. (2021). Investigating University Students’ Ability in Paraphrasing Paragraphs. International Journal of Educational Best Practices (IJEBP), 5(1), 79–94. https://doi.org/10.32851/ijebp.v5n1.p.79-94
Rossi, S. L. (2022). Revisioning Paraphrasing Instruction. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-83255-1
Sanjaya, N. I. (2021). Students’ Paraphrasing Skill in Academic Writing: A Case Study at English Literature Departement of Muslim University of Indonesia. Thesis. https://repository.unhas.ac.id
Sitorus, K. (2017). Penerapan Strategi Parafrase Terarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Singkat Siswa Kelas Iv Sd Negeri 014 Silikuan Hulu Kecamatan Ukui. 5, 365–385. http://primary.ejournal.unri.ac.id
Stoesz, B. M., & Eaton, S. E. (2022). Academic Integrity Policies of Publicly Funded Universities in Western Canada. Educational Policy, 36(6), 1529–1548. https://doi.org/10.1177/0895904820983032
Sulistyaningrum, S. D. (2021). Utilizing Online Paraphrasing Tools to Overcome Students ’ Paraphrasing Difficulties in Literature Reviews. Journal of English Language Studies, 6(2), 229–243. Available in: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JELS%0AUtilizing
Suryani, A. E., Basir, M. D., & Ar, R. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Barbasis Komputer Model Permainan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammafiyah 1 Palembang. Jurnal Profit, 1(1), 1–13. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5526
Thai, N. (2021). The effect of paraphrasing on memory. Midwest Journal of Undergraduate Research 2021, 21(6), 17–20.
Usman, R. (2015). Penggunaan Metode Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Parafrase Puisi ke Prosa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Al-Ittihat Pekanbaru Dosen FKIP Universitas Terbuka Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(2), 169–178. Available in: https://sorot.ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/3213/3127
Utami, E. (2014). Teaching Reading Skill Through Paraphrasing And Summarizing. Skripsi. Available in: http://repository.uinjkt.ac.id
Wantoro, A. W. (2021). Penerapan Teknik Parafrase Diary Tingkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Peserta Didik SMK. Kawruh : Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 3(1), 1. https://doi.org/10.32585/kawruh.v3i1.1426
Yualita, P. (2011). Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Dokumentasi Keperawatan Melalui E-Learning Berbasis Moodle. Tesis, 281–300. http://repository.upi.edu/8366/
Zubair, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis software macromedia flash 8 dan power point pada materi pokok asam basa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 130–136. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/