Transformasi Novel Twivortiare Karya Ika Natassa ke dalam Film Twivortiare Sutradara Benny Setiawan (Kajian Ekranisasi)

  • Lia Andriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Firman Hadiansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Erwin Salpa Riansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ekranisasi alur, tokoh, dan latar novel Twivortiare karya Ika Natassa ke dalam film Twivortiare karya sutradara Benny Setiawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan novel Twivortiare karya Ika Natassa dan film Twivortiare karya sutradara Benny Setiawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membaca, menonton dan mencatat. Data penelitian ini dianalisis dengan mengidentifikasi dan membandingkan antara novel dan film setelah itu menganalisis ke dalam bentuk transformasi novel ke film menjadi ekranisasi dengan mengkaji aspek penciutan, penambahan dan perubahan bervariasi. Hasil penelitian ini berupa pendeskripsian bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi dari novel twivortiare dalam filmtwivortiare.

 

Kata kunci : Ekranisasi, Film Twivortiare, Novel Twivortiare

References

Afri, P. N., Nurizzati, N., & Nasution, M. I. (2014). transformasi novel ke film bidadari-bidadari surga: Kajian ekranisasi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(3), 13-26.

Ayu, I. R. (2020). Transformasi novel ke film 99 cahaya di langit Eropa karya Hanum Salsabila dan Rangga Almahendra. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(2), 173-186.

Damono, S. D. (2012). Alih Wahana. Jakarta: Editum.

Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Jakarta: Penerbit Nusa Indah.

Erlinawati, E., Nensilianti, N., & Hajrah, H. (2021). Transformasi novel Arini karya Mira W ke dalam film Arini karya sutradara Ismail Basbeth. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 94-102.

Febriani, F. (2020). Transformasi Novel Critical Eleven Karya Ika Natassa ke dalam Film Critical Eleven Sutradara Robert Ronny dan Monti Tiwa (Kajian Alih Wahana). C:/Users/DEPI/Downloads/23449-27647-1-PB. pdf. Diakses Pada, 25.

Hartati, A. R. W., Kurnia, E., & Hartati, D. (2021). Transformasi novel tujuh misi rahasia sophie karya aditia yudis dalam film tujuh misi rahasia sophie karya sutradara billy christian kajian sastra bandingan: Pendekatan psikologi sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 327-337.

Natassa, I. (2008). Divortiare. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Natassa, I. (2012). Twivortiare. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Isnaniah, S. (2015). Ketika cinta bertasbih transformasi novel ke film. Jurnal Kawistara, 5(1).

Juidah, I. (2018). Transformasi novel cinta suci zahrana karya habiburahman el shirazy menjadi bentuk film cinta suci zahrana: Sebuah kajian ekranisasi. bahtera indonesia. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 45-53.

Malida, R. (2020). Transformasi novel pintu terlarang karya sekar ayu asmara ke dalam film (kajian sastra bandingan). Jurnal Bahtera Sastra Indonesia, 1(3).

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (ketiga pul). PT Remaja Rosdakarya.

Rahmah, N. S., Setiadi, D., & Firdaus, A. (2021). Transformasi film ke novel susah sinyal karya ika natassa dan ernest prakasa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 230-242.

Saputra, H. S. (2009). Transformasi lintas genre: dari novel ke film, dari film ke novel. Humaniora, 21(1), 41-55.

Sefinda, K., & Syaefudin, M. (2021). Transformasi novel ke film le petit prince karya antoine de saint-exupéry serta analisis lagu latar pengiringnya. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 4(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (AKAPI).
Published
2023-12-24
Abstract viewed = 14 times
pdf downloaded = 6 times