Analisis Gaya Bahasa dan Makna dalam Lirik Lagu Ikat Aku di Tulang Belikatmu Karya Sal Priadi

  • Citra Puspita Universitas Lampung, Indonesia
  • Nindy Destiana Universitas Lampung
  • Shulamid Shania Permata Putri Universitas Lampung
  • Rahmat Prayogi Universitas Lampung

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas gaya bahasa (majas) dan makna yang terdapat dalam lirik lagu berjudul “Ikat Aku di Tulang Belikatmu” yang merupakan sebuah lagu dan dinyanyikan langsung oleh pengarangnya, yaitu Sal Priadi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gaya bahasa (majas) dan makna yang ada dalam lagu tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, penulis menemukan beberapa gaya bahasa (majas), seperti majas hiperbola, sinestesia, personifikasi, eufemisme, personifikasi, perumpamaan, antitesis, dan metafora. Masing-masing dari majas tersebut memiliki makna tersendiri untuk mengungkapkan isi hati seorang Sal Priadi yang terdapat dalam lagu Ikat Aku di Tulang Belikatmu.

Kata Kunci: Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Majas, Makna

References

Adha, T. L. (2017). Analisis Stilistika Lirik Lagu-lagu Padi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6).

Agusetyaningrum, A., & Suryadi, M. (2022). Aspek Intimacy, Passion, Commitment dalam LirikLagu “Jangan Berhenti Mencintaiku” Karya Titi DJ dan “Kali Kedua” Karya Raisa Andriana. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(3), 307–316.

Anisa, S. D., & Puspa, V. N. (2023). Penggunaan Kiasan dan Makna dalam Lagu “Amin Paling Serius” Karya Sal Priadi dan Nadin Amizah. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 7–14.

Apriliyani, R., & Siagian, I. (2023). Analisis Gaya Bahasa pada Lagu Asmaralibrasi Karya Soegi Bornean. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2624–2628.

Desya, N. I. (2020). Aspek Romansa dalamLirik Lagu Sal Priadi Berjudul “IkatAku Di Tulang Belikatmu”,“Melebur Semesta”, dan “Amin PalingSerius”(Kajian PsikologiSastra). Universitas Diponegoro.

Faoziah, I., Mulyani, S., & Herdiana, H. (2019). Gaya Bahasa pada Lirik Lagu dalam Album “Gajah” Karya Muhammad Tulus. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 9–22.

Karmila, K., & Abdurahman, A. (2023). Analisis Majas dan Diksi pada Lagu Amin Paling Serius yang Dipopulerkan Sal Priadi dan Nadin Amizah. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 56–64.

Mayun, S. I. G. N. (2022). Analisis Penggunaan Gaya Bahasadalam Lirik Lagu Tulus: Kajian Stilistika. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra, 112–120.

Nafinuddin, S. (2020). Majas (Majas Perbandingan, MajasPertentangan, Majas Perulangan, Majas Pertautan).

Nugroho, R. D., & Fatoni, Z. Z. A. (2021). Tema dan Amanat Lirik Lagu dalam Lagu Anata yang Dipopulerkan oleh LArc~ en~ Ciel. Ayumi: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, 8(1), 33–48.

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, 16(2), 107–122.

Putri, A. A., Astri, N. D., Simanullang, R. S. P., & Tanjung, T. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Fourtwnty: Kajian Stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 110–118.

Putri, S. B. E., & Hidayatullah, S. (2023). Gaya Bahasa Perbandingan padaLirik Lagu dalam AlbumRiuh Karya Feby
Putri. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 6(1), 95–112.

Rahmadhani, D. I. L., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu-lagu Naura Sebagai Penunjang Materi Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6289–6300.

Septiana, K. E. (2021). Analisis Gaya Bahasa Lirik Lagu pada AlbumMonokrom Karya Tulusdan Hubungannya denganPembelajaranBahasa Indonesia Di SMA. EDUTAMA.

Setiawati, A. M., Ayu, D. M., Wulandari, S., & Putri, V. A. (2021). Analisis Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu “Bertaut” Nadin Amizah: Kajian Stilistika. Jurnal Penelitian Humaniora, 26(1), 26–37.

Subagiharti, H., Handayani, D. S., Herawati, T., Rambe, A. A., & Astuti, D. (2022). Analisis Gaya Bahasa dalam Lagu-Lagu Karya Fiersa Besari Berdasarkan Kajian Hermeneutika. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(2), 93–100.

Tiva, F., & Danu, A. K. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Maudi Ayunda pada Album “Moments”: Kajian Stilistika. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(2), 112–121.

Umami, I. M. (2009). Analysis Wacana Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu-lagu Ungu: Kajian Stilistika. Dinamika Bahasa dan Budaya, 3(2), 201–217.

Zaimar, O. K. S. (2002). Majas dan pembentukannya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 6(2), 45–57.
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 24 times
pdf downloaded = 60 times