Memperkuat Kemampuan Siswa melalui Model Problem Based Learning dalam Menulis Teks Diskusi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam menulis teks diskusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisi siswa kelas X.5 di SMAN 6 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, lembar penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Siswa kelas X.5 yang sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia ada 15 siswa dari 34 siswa, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 32 siswa yang sudah tuntas yang mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menulis teks diskusi di kelas X.5 SMAN 6 Mataram.
Kata Kunci: Berfikir Kritis, Menulis, PBL
References
Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65–74.
Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2). https://doi.org/10.17478/jegys.650344
Audrey, E. S., Tuaputty, H., Rumahlatu, D., & Papilaya, P. M. (2019). The improvement of learning motivation and creative thinking skills of senior high school students through modified problem based learning model. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1175–1194.
Bandem, I. G. (2022). Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PPKn Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Amlapura. Lampuhyang, 13(1).
Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Emig, J. (2020). Writing as a Mode of Learning. In Landmark Essays (pp. 89–96). https://doi.org/10.4324/9781003059219-10
Fahrurrozi, M., Mohzana, M., & Murcahyanto, H. (2021). Kemampuan guru dalam menilai aspek afektif. JOEAI, 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2150
Farhana, F. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa dengan menggunakan teknik pemetaan semantik. Instruksional, 1(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.
Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51–62.
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.
Kuyyogsuy, S. (2019). Promoting Peer Feedback in Developing Students’ English Writing Ability in L2 Writing Class. International Education Studies, 12(9), 76–90. https://eric.ed.gov/?id=EJ1226589
Ilhamdi, L, M., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162
Lobo, L. (2016). The Influence Of Learning Model (Creative Problem Solving Vs. Based Learning) Department of Pancasila Civic Education, Teacher Training and Education Faculty of Nusa Cendana University. International Conference on Education: Education in The 21st Century: Responding To Current Issues, 530–541.
Murcahyanto, H., Fahrurrozi, M., & Mohzana, M. (2021). Pengaruh program seniman masuk sekolah terhadap motivasi siswa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 4(1), 215–222. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2148
Nasri, M., Marhamah, M., & Haritani, H. (2021). Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan alam (IPA) berbasis problem based learning (PBL). Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 297–317.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.
Putri, T., & Sinaga, A. (2022). Model project based learning dalam menulis teks prosedur untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal ONOMA: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(1).
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955
Rudibyani, R. B. (2020). Implementation of problem-based learning model to increase self-confidence and undergraduate students understanding of the electrochemistry concept in chemical education. Periodico Tche Quimica, 17(35). https://doi.org/10.52571/ptq.v17.n35.2020.20_rudibyani_pgs_216_226.pdf
Saonah, S. (2018). Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan media gambar di kelas I SD Negeri 222 Pasir Pogor. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1).
Simarmata, P. (2022). The effect of models creative problem solving and problem based learning to improvability problem solving students. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 31–43.
Singerin, S., Huliselan, E. K., & Latununuwe, A. (2020). Development of integrated science learning devices using problem based learning (PBL) learning model through lesson study. Edu Sciences Journal, 1(2), 124–132.
Ulfah, F. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) dengan LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.236
Wortman-Wunder, E., & Wefes, I. (2020). Scientific writing workshop improves confidence in critical writing skills among trainees in the biomedical sciences. Journal of Microbiology & Biology Education, 21(1), 30. https://doi.org/https://doi.org/10.1128/jmbe.v21i1.1843
Zemliansky, P., & Berry, L. (2017). A writing-across-the-curriculum faculty development program: An experience report. IEEE Transactions on Professional Communication, 60(3). https://doi.org/10.1109/TPC.2017.2702041
Copyright (c) 2023 Lalu Yusril Amin, Mohzana Mohzana, Aminah Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.