Keterampilan Menulis Siswa Kelas X Menggunakan Media Aplikasi Speech to Text pada Gawai

  • Fitriana Handayani Universitas Hamzanwadi
  • Aminah Aminah SMAN 6 Mataram
  • Mohzana Mohzana Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis atau menghasilkan karya tulis dengan memanfaatkan media aplikasi speech to text pada perangkat gawai. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karya sastra, khususnya puisi, melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas X-6 di SMAN 6 Mataram. Dalam penerapan model PjBL, penelitian ini juga memadukan Lesson Study untuk memonitor perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa dari tahap prasiklus hingga siklus II. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan 33 siswa sebagai sampel. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hingga 80% dalam hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran PjBL dan pemanfaatan media aplikasi speech to text dibandingkan dengan tahap prasiklus atau awal pembelajaran. Sehingga melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) memberikan banyak pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa kelas X-6 di SMAN 6 Mataram.

 

Kata Kunci: Menulis, PjBL, Puisi, Speech to Text

References

Abdullayeva, M., & Muzaffarovna, M. Z. (2023). The impact of Chat GPT on student’s writing skills: an exploration of ai-assisted writing tools. https://doi.org/10.5281/zenodo.7876800

Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408

Anggara, S. A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 186. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

De Mello, G. D. J. P., Omar, N. H., Mohamad Esa, I. I., & Ariffin, K. (2021). An Analysis of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Malaysian University English Test Report Writing. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(4). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i4/9837

Eliza, F., Tri, D., & Yanto, P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang : PDS Project, 19(2).

Fahrurrozi, M., Mohzana, M., & Murcahyanto, H. (2021). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Guru Kelas. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2146

Farhana, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Pada Siswa Dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Semantik. Instruksional, 1(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.66-75

Fikri, H & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta. Samudra Biru.

Halim, C., & Satria, F. (2020). Analisa Komparasi Perangkat Speech Recognizing dan Potensinya dalam Membantu Proses Pembelajaan Difabel Rungu Guna Terciptanya Kampus Inklusif Di Era 4.0. Risenologi, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.79

Hidayat, T., & Mulyoto, A. (2022). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Siswa Berbasis Web Menggunakan Speech To Text Pada Sdn 2 Pabuaran. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(10), 1579–1585. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

Irjus, & Indrawan, H. W. W. E. W. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. In J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(1).

Izwar,. & Kristanti, D. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam MBKM. Jurnal Bionatural, 10(1), 31-41.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129

Lillihata, S., Karesina, D. M., Alfons, A., & Pulung, R. (2022). Pemanfataan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam meningkatkan Kemandirian Belajar siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 377–393.

Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di
Era Kurikulum Merdeka. Community : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Murcahyanto, H., Mohzana, M., & Harjuni, L. L. (2022). Media Interaktif berbasis Animasi pada Pembelajaran Tari. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 68–77. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5305

Nugroho, K. (2019). Implementasi Sistem Speech to Text Berbasis Android Menggunakan APP Inventor Speech Recognitio. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(1), 38–43. https://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/176

Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. In Media Pembelajaran Inovatif. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3

Nurhayati, N., Purnomo, M. E., & Subadiyono, S. (2018). Pengaruh Online Peer Editing Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Dulmuluk. publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9874

Putri, M. A., & Sukenti, D. (2023). Penerapan Model Project Basic Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Menulis Teks Puisi di SMA N 2 Tapung Hilir. In Bahasa dan Sastra. 9(1). https://e-journal.my.id/onoma

Saonah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Di Kelas I SD Negeri 222 Pasir Pogor. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1).

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Wortman-Wunder, E., & Wefes, I. (2020). Scientific writing workshop improves confidence in critical writing skills among trainees in the biomedical sciences. Journal of Microbiology & Biology Education, 21(1), 30. https://doi.org/https://doi.org/10.1128/jmbe.v21i1.184
Published
2023-12-20
Abstract viewed = 33 times
pdf downloaded = 32 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>