Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi

  • Fitriyani Budiyanti Universitas Hamzanwadi
  • Mohzana Mohzana Universitas Hamzanwadi
  • Aminah Aminah SMAN 6 Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi pada siswa SMAN 6 Mataram dengan menggunakan media audio visual.Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini ialah Project Based Learning (PjBL). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X8 yang terdiri dari 34 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memadukan lesson study.Penelitian ini dilakuakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Selama penelitian ditugaskan untuk menyusun teks diskusi yang terstruktur dan koheren.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hingga 85%, yang ditunjukan dari hasil kerja siswa. Jadi, hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dengan media audio visual lebih efektif dalam memantik ide, gagasan, atau berfikir kritis siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis dalam teks diskusi.

 

Kata kunci: Audio Visual, Project Based Learning (PjBL), Teks Diskusi

References

Abdullayeva, M., & Muzaffarovna, M. Z. (2023).The impact of Chat GPT on student’s writing skills: an exploration of ai-assisted writing tools. https://doi.org/10.5281/zenodo.7876800

Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020).Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408
Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020).Model Kolaborasi Sosial Pendidikan Karakter Di Sekolah Swasta Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Agustina, Y., Nazri, M. A., & Murcahyanto, H. (2023). Curriculum application: Designing aims and learning outcomes in the English Department. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(3), 155–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i3.21405

Efnawarty, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Debat Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.30599/spbs.v1i1.522

Farhana, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Pada Siswa Dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Semantik. Instruksional, 1(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.66-75

Febrianika, D., Handayani, T., & Partini, D. (2022). Penerapan model pembelajaran pjbl untuk meningkatan keterampilan menulis paragraf pada mata pelajaran b. Indonesia di kelas iva sdn 187/ii kuning Gading. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3(2), 131–136. https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no2.a12736

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019).Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hasibuan, M. (2019).Permasalahan pada Otak (Disleksia) Berpengaruh pada Kemampuan Berbahasa.Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2).

Hawks, S. J., Turner, K. M., Derouin, A. L., Hueckel, R. M., Leonardelli, A. K., & Oermann, M. H. (2016). Writing Across the Curriculum: Strategies to Improve the Writing Skills of Nursing Students. In Nursing Forum 51(4).https://doi.org/10.1111/nuf.12151

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hussein, B. (2021). Addressing collaboration challenges in project-based learning: The student’s perspective. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080434

Jumadi, J. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan, 30(2). https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549

Kavlu, A. (2020). The Effect of Project-Based Learning on First-Year Undergraduate Students in English for Specific Purposes (ESP) Courses.International Journal of English Linguistics, 10(4). https://doi.org/10.5539/ijel.v10n4p227

Kusuma, B. A. I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 1(1).

MacLeod, M., & van der Veen, J. T. (2020).Scaffolding interdisciplinary project-based learning: a case study. European Journal of Engineering Education, 45(3). https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1646210

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023).Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar.E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Mohzana, M., Fahrurrozi, M., & Murcahyanto, H. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Pada Mahasiswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2087

Mohzana, M., & Fahrurrozi, M., Haritani, H., & Majdi, M. Z. (2020). A Management Model for Character Education in Higher Education. Journal of Talent Development and Excellence, 12(3s), 1596–1601.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK40103-M1.pdf

Nugroho, M. G.T., Pelu, M., & Wahyuni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal CANDI, 17(1), 59–79.

Nurhayati, N., Purnomo, M. E., & Subadiyono, S. (2018). Pengaruh Online Peer Editing Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Dulmuluk. Publikasi ilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9874

Saonah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Di Kelas I SD Negeri 222 Pasir Pogor.Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1).

Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021).Project-based-learning on critical reading course to enhance critical thinking skills.Studies in English Language and Education, 8(2). https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18407

Sunarsih, E. (2016). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Syahputra, I. (2015). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127–145.

Wang, S. (2022). Critical thinking development through project-based learning. Journal of Language Teaching and Research, 13(5). https://doi.org/10.17507/jltr.1305.13

Zemliansky, P., & Berry, L. (2017). A writing-across-the-curriculum faculty development program: An experience report. IEEE Transactions on Professional Communication, 60(3). https://doi.org/10.1109/TPC.2017.2702041
Published
2023-12-19
Abstract viewed = 48 times
pdf downloaded = 41 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>