Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Boneka Jari pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest dan Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau. Pengambilan semapel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan . Hasil analisis data didapat = 1,99 ≥ 1,71, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari pada pembelajaran Bahasa Indonesia signifikan tuntas.
Kata Kunci: Penerapan Saintifik, Media Boneka Jari, Hasil Belajar
References
Asrul, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Chrestiany, S., & Hasibuan, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1-5.
Evendi, E, (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Sanabil.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Copyright (c) 2023 Cici Saita Yulensi, Aren Frima, Tri Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.