Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Boneka Jari pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

  • Cici Saita Yulensi Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Tri Ariani Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau  pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest dan Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 39 Lubuklinggau. Pengambilan semapel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan . Hasil analisis data didapat  = 1,99 ≥  1,71, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa SD Negeri 39 Lubuklinggau setelah diterapkan pendekatan saintifik berbantuan media boneka jari pada pembelajaran Bahasa Indonesia signifikan tuntas.

Kata Kunci: Penerapan Saintifik, Media Boneka Jari, Hasil Belajar

References

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asrul, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Chrestiany, S., & Hasibuan, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1-5.

Evendi, E, (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Sanabil.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 3 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>