Pengembangan Media Kintar (Kincir Pintar) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar

  • Berli Sintama Universitas PGRI Silampari
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Kintar (Kincir Pintar) yang valid, praktis dan efektif untuk kincir pintar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 39 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D. subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SD Negeri 39 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media Kintar (Kincir Pintar) memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,82. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media media Kintar (Kincir Pintar) memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 92%. Pada uji lapangan diperoleh N- gain (g) sebesar 0,66 dengan klasifikasi sedang, yang artinya media Kintar (Kincir Pintar). memiliki efektifitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Kintar (Kincir Pintar) terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 39 Lubuklinggau.

 

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Kincir Pintar, Media Pembelajaran, Pengembangan

 

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Egok, A. S., & Tri, J. H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran ipa bagi siswa sekolah dasar kota Lubuklinggau. Journal of Elemantary School (JOES). 1(2), 141-157.

Mandasari, N., & Elya, R. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 5(3), 1139-1148.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurdiyanti, E. & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Paedadogia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 13(2), 115- 128.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2), 333-352.

Sari. P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Journal For Lesson And Learning Studies. 3(1), 141-152.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatik, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 7 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>