Metode Quicker untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Inggris dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

  • Usuludin Usuludin Universitas Hamzanwadi
  • Zulkifli Zulkifli Dikbud Kabupaten Lombok Timur
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Zamroni Uska

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan meningkatkan kemampuan guru dalam Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menggunakan metode quicker dengan kegiatan Inservice Training (In)-1 dan Inservice Training (In)-2 serta kegiatan On the Job Learning (On)-1 dan On the Job Learning (On)-2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Action Research yang di dalamnya termasuk Penelitian Tindakan Pengawas (PTP). Subjek penelitian akan diambil dari guru bahasaInggris yang berjumlah 25 orang yang tergabung dalam Komunitas Zona Tengah di Kabupaten Lombok Timur. Dalam mengumpulkan data, penulis akan menggunakan lembarobservasi (LO) dan lembar telaah (LT). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil temuan kami menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan signifikan. Terdapat peningkatan sebesar 17% dalam aktivitas guru antara Inservice Training (In)-1 dan Inservice Training (In)-2, serta peningkatan sebesar 32% dalam kompetensi guru antara On the Job Learning (On)-1 dan On the Job Learning (On)-2. Metode Quicker dalam pola In-On-In-On berhasil meningkatkan aktivitas dan kompetensi guru bahasaInggris di komunitas zona tengah kabupaten Lombok Timur. Dengan demikian, metode Quicker dengan pola In-On-In-On dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP secara signifikan dan klasikal.

 

Kata Kunci: Aktifitas Guru, Metode Quicker, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

 

References

Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 457–471.

Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455–465.

Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2021). Pelatihan pembuatan RPP kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 258–266.

Fzriandina, A., Alia, F., & Ningsih, Y. A. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Inggris di SD Negeri Kunciran 6. FONDATIA, 4(1), 53–66.

Haerani, R. P. R., & Erna, S. (2022). Pelatihan Penyusunan RPP berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 10–19.

Husna, H., & Yulhendri, Y. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar dalam Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional Dengan Menggunakan Media Berbasis Android. Jurnal Ecogen, 5(4), 605–614.

Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian alat evaluasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar pada RPP matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 803–811.

Melati, M., Hustarna, H., Susanah, S., Heryanti, R., & Thabran, Y. (2022). Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(1), 115–127.

Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–57.

Rahayu, G. D. S., & Samsudin, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 196–202.

Tada, M., Tangi, H. C., & Boelan, E. G. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Kartu Ion terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 838–842.

Tarumasely, Y. (2022). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran (Ed.1). Lamongan: Academia Publication.

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uska, M. Z., Wirasasmita, R. H., Pathoni, B., Usuluddin, U., Kholisho, Y. N., & Abdullah, A. (2022). Aplikasi Belajar Asik Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 198. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7345
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 5 times