Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Lubuklinggau

  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari
  • Tri Ariani Universitas PGRI Silampari
  • Merry Mustika Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta siswa setelah implementasi model pembelajaran problem solving serta aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pre eksperiment design, bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 5 Lubuklinggau yang berjumlah 141 dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 34 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahapan akhir penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa tes. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa. implementasi model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap aktivitas guru dan siswa di SMA Negeri 5 Lubuklinggau yang terlihat lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Problem Solving, dan Hasil Belajar

References

Khairani, I., & Rini, S. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 32-40.

Lomu, L., & Sri, A. W. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Putri, N., Leny., & Mahdian. (2019). Penerapan Model Problem Solving Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Stoikiometer. JCAE, Jurnal Of Chemistry And Education, 3(2), 55-63.

Ricardo & Rini, I. M., (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Sudijono., & Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alabeta.

Sulasamono, Bambang Suteng. 2012. Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Satya Widya, Vol. 28, No.2.

Sutarto. 2017. Teori Kognitif dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Islamic Counseling, Vol. 1, No. 2.

Suyono. (2011) Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Published
2024-01-13
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 4 times