PENERAPAN PhET INTERACTIVE SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Zico Fakhrur Rozi Universitas PGRI Silamapri
  • M. Lutfi Firdaus Universitas Bengkulu
  • Endang Suswati Universitas PGRI Silamapri

Abstract

Digitalisasi dan pendidikan merupakan dua komponen yang tidak terpisahkan. Tenaga pendidik dituntut untuk melaksanakan pembelajaran secara efektif, efisien dan menarik. Physics Education Technology (PhET) adalah media simulasi yang berisi simulasi pembelajaran fisika, biologi, dan kimia. Media ini menekankan pada hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan ilmu yang mendasarinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana respon mahasiswa setelah dilaksanakan pembelajaran biologi materi skala pH dengan menggunakan simulasi PhET. Metode survey digunakan pada penelitian ini dengan cara memberikan kuisioner kepada 15 orang mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas PGRI Silampari Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan yang telah mempelajari materi pegukuran skala pH dengan menggunakan simulasi PhET. Pada kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa terdapat beberapa indikator, diantaranya adalah ketertarikan mahasiswa, manfaat, tampilan dan penggunaan PhET yang terbagi menjadi enam pernyataan. Hasil analisis kuisioner diketahui bahwa 86,7% mahasiswa sangat setujtu pembelajaran menggunakan PhET sangat menarik, 53,3% mahasiswa sangat setuju bahwa PhET memberikan motivasi dan mempermudah mahasiswa mempelajari skala pH, 60 % mahasiswa sangat setuju PhET mempermudah memahami materi skala pH, serta 53,3% mahasiswa sangat setuju bahwa simulasi PhET sangat mudah untuk dipahami dan desain animasi serta teks pada PHeT sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kesimpulan: simulasi PhET sangat menarik, memberikan motivasi belajar, mempermudah dalam mempelajari materi, mempermudah memahami materi, mudah untuk dipahami cara penggunaannya dan desain animasi serta teks pada PHeT sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

 

Published
2025-01-21
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times