Perbedaan Kemampuan Literasi Sains dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Group Investigation
DOI:
https://doi.org/10.31539/bioedusains.v8i2.14748Abstract
This study aims to describe students' scientific literacy skills in Biology learning through the application of cooperative learning models: Jigsaw, Group Investigation, and conventional methods. The method used was an experimental study with a posttest-only control group design. The results showed that there was no significant difference in scientific literacy skills among Grade X students of SMA Negeri 9 Kaur across the three learning models, based on ANOVA and LSD tests with a significance level of α > 0.05. The average scores of students’ scientific literacy were Jigsaw class = 35, Group Investigation class = 34.091, and conventional class = 30.909. In conclusion, the application of Jigsaw, Group Investigation, and conventional learning models did not result in a significant difference in students’ scientific literacy skills.
Keywords: Scientific Literacy Skills, Biology Learning
References
Abdurrahman, A., & Bintoro. (2000). Memahami dan menangani siswa dengan problema belajar. Depdiknas.
Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran (Pengaruh terhadap mekanisme dan praktik kurikulum). PT. Prestasi Pustakaraya.
Ananda, S., Rosba, E., & Safitri, E. (2022). Model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media question box terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas X di SMAN 1 Lembah Gumanti. BJSME: Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 94–100. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/download/6462/2207
Arends, R. (2008). Cooperative learning: Mempraktekkan cooperative learning di kelas. PT. Grasindo.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064
Fu'adah, H., Rusilowati, A., & Hartono. (2017). Pengembangan alat evaluasi literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa bertema perpindahan kalor dalam kehidupan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 51–59. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Hamalik, O. (2018). Pendidikan guru: Berdasarkan pendekatan kompetensi (Cet. 8). Bumi Aksara.
Hattarina, S., et al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di lembaga pendidikan. Dalam Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (hlm. 181–192). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Kemendikbudristek. (2022). Buku saku: Tanya jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khasanah, W. U., & Sumarni, W. (2021). Desain LKPDM menggunakan pendekatan etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia peserta didik. Chemistry in Education, 10(2), 78–85. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Lestari, I. D. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 103–106. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/103-106/1715
Lie, A. (1994). Jigsaw: A cooperative learning method for the reading class. Phi Delta Kappa Society.
Matroji. (2015). Penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah materi pengaruh sejarah dunia terhadap sejarah bangsa Indonesia abad 18–20 (PTK pada kelas IX IPS semester genap di SMA Negeri 1 Tambun Utara tahun ajaran 2014–2015). PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 356–362. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/download/3885/2760
Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Meta-analisis literasi sains siswa di Indonesia. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209–215. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
OECD. (2019). PISA 2018 results: Combined executive summaries. OECD Publishing.
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 4(4), 1350–1357. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Purwatmini, F. A. (2017). Penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas inklusif. JASSI_anakku, 18(1), 13–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/download/7652/4914
Risdiany, H., & Widyawati, S. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 817–823. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/434
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Rusman. (2008). Manajemen kurikulum. Mulia Mandiri Press.
Salamah, P. N., Rusilowati, A., & Sarwi, S. (2017). Pengembangan alat evaluasi materi tata surya untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 7–16. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19308
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saud, A. S., Mudayan, A., & Suryaning Ati, A. F. (2024). Pengaruh model pembelajaran NHT dengan media audio visual terhadap hasil belajar siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4107–4115. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12953
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. (2015). Cooperative learning. Pustaka Belajar.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Umatin, C., Annisa, C., Ilmiyah, N. F., Khoirot, A., Laili, U. F., Triani, D. A., Septiana, N. Z., & Sulistyawati, E. (2021). Pengantar pendidikan. CV. Pustaka Learning Center.
Wardani, A. N. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas X konsep jamur (Penelitian quasi eksperimen di MA Jam’iyyah Islamiyyah) (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yena Harnita, Tomi Hidayat, Apriza Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.