Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Organ Tumbuhan

Authors

  • Sobri Aminolla Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ismul Mauludin Al Habib Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hanif Rafika Putri Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/me0m6d88

Abstract

This study aims to examine students’ responses to the implementation of Android-based augmented reality learning media using a scientific approach. The research employed a research and development (R&D) method with the ADDIE model as its development framework. The instruments consisted of interviews, observations, and assessment questionnaires completed by media, language, and material validators, as well as students. Data were analyzed descriptively, both qualitatively and quantitatively. The results showed that the developed learning media were considered feasible based on expert evaluations and student responses. In conclusion, the Android-based augmented reality learning media proved effective in enhancing students’ understanding of plant organ material.

 

Keywords: Augmented Reality, Development, Learning Media

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., … Wijoyo, E. B. (2023). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori dan praktik. Jakarta: Get Press Indonesia.

Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 176–182.

Al Habib, M. I., Hartatik, S., Ridwani, S., & Avivi, S. (2022). Recovery of three different varieties of tobacco (Nicotiana tabacum L.) under waterlogging stress. Australian Journal of Crop Science, 16(07), 974–981. https://doi.org/10.21475/ajcs.22.16.07.p3645

Arifitama, B., & Syahputra, A. (2017). Cultural heritage digitalization on traditional Sundanese music instrument using augmented reality markerless marker method. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(3), 101–105.

Arikunto, S., & Cepi, S. A. J. (2009). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aripin, I. (2018). Konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 1–9.

Baalwi, M. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran teknologi augmented reality berbasis smartphone Android pada materi bangun ruang. Journal on Teacher Education, 4(3), 756–761.

Hamdani, R., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata kuliah sistem digital di jurusan teknik informatika UNESA. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(3).

Hafera, R. T. H., et al. (2023). Pengembangan media augmented reality untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 3241–3247.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.

Ibad, A. Z., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Thesaurus termediasikan augmented reality text untuk peningkatan pemahaman baca. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2765

Laili, A. (2019). Karakterisasi morfologi daun dan bunga tanaman tembakau (Nicotiana tabacum L.) sebagai tambahan sumber belajar mata kuliah morfologi tumbuhan [Laporan penelitian]. IKIP PGRI Jember.

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 45–50.

Maviro, Y. (2023). Hubungan kemampuan keterampilan proses sains dengan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Tanjung Jabung Timur Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Puspitasari, D., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan suplemen augmented reality animation pada buku mata pelajaran biologi untuk penguatan kognitif siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/10930

Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rindiantika, Y. Motivasi belajar siswa dan pemanfaatan media word wall: Kajian.

Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran (modul) berbantuan GeoGebra pokok bahasan turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.

Sugiono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparsawan, I. K. (2020). Kolaborasi pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan partisipasi peserta didik. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 93–102.

Susilaningsih, F., Fichan, A. M. I., Praherdiono, H., & Prihatmoko, Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran augmented reality mata pelajaran IPA sistem tata surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(4), 252–261. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Utomo, M. G. N., Degeng, I. N. S., & Praherdhiono, H. (2022). Pengembangan kartu dengan teknologi 3D augmented reality sebagai media visual tematik untuk siswa kelas VI SD. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/19428

Vega Garzón, J. C., Magrini, M. L., & Galembeck, E. (2017). Using augmented reality to teach and learn biochemistry. Biochemistry and Molecular Biology Education.

Wang, Y., Ong, S. K., & Nee, A. Y. C. (2018). Enhancing mechanisms education through interaction with augmented reality simulation. Computer Applications in Engineering Education, 26(5), 1552–1564.

Yulianti, S., Premana, A., & Bachri, O. S. (2022). Penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran materi rumah adat Indonesia di sekolah dasar Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmiah Infokam, 18(2), 79–86. https://doi.org/10.53845/infokam.v18i2.323

Downloads

Published

2025-10-09