Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) pada Materi Bioteknologi dengan Pendekatan Saintifik

  • Naufal Ahmad Muzakki Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

This study aims to analyze the design of laboratory activities on Biotechnology materials and carry out reconstruction. The method used is descriptive qualitative and sampling is done by purposive sampling with five DKL. The analysis conducted on DKL is measured in terms of components of competence, practicality and knowledge construction. The results showed that competence and knowledge construction components were still low and the practical components had been met. In conclusion, many DKL on Biotechnology material still cannot support competence and knowledge construction.

Keywords: Design Analysis of Laboratory Activities, Biotechnology, Laboratory Activities

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 6(1), 97–114. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296

Aisya, N. S. M., Saefudin, S., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning, 13(1), 112–117. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5670

Andrian, T., & Rusman, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Clorawati, A. R., Rohiyat, S., & Amir, H. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Kimia di SMAN Bengkulu. Jurnal Pendidikan Ilmu Kimia, 1(2), 132–135. https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3535

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang Lingkungan Berkelanjutan. Modul, 18(2), 75–82. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82

Huda, I. Z. N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 550–561. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438

Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). Penerapan Diagram Vee untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 610–620. Universitas Sriwijaya. http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/724

Kurniasih, W., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Alternatif Lembar Kerja Peserta Didik Materi Osmosis Berbasis ANCORB. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 266–280. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9451

Laelasari, I., & Supriatno, B. (2018). Analisis Komponen Penyusun Desain Kegiatan Laboratorium Bioteknologi. Jurnal Bioedukatika, 6(2), 84–90. http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.10592

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. J. Mitra PGMI, 6(1), 15–27. https://dx.doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Putri, M. D., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kegiatan Praktikum Biologi SMA Materi Sistem Pernapasan Manusia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 290–301. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9454

Rahmatilla, R., Halim, A., & Hasan, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Aktivitas pada Materi Koloid. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9686

Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning, 15(1), 1–18. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27558

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57. http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.759

Vikram, M., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Uji Golongan Darah. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 562–569. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9406

Wahidah, N, S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M, N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesia Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050

Zetkas, E., Harahap, F., & Edi, S. (2016). Analisis Pemahaman dan Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi Berdasarkan Indikator Kelas IX SMP Se-Kota Padang Sidempuan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 154–159. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i3.4314
Published
2021-08-09
How to Cite
Muzakki, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2021). Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) pada Materi Bioteknologi dengan Pendekatan Saintifik. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 136-145. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2329
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 8 times