Pengembangan Buku Ajar untuk Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

  • Arista Ratih STKIP YPM Bangko

Abstract

This study aims to describe developing a textbook for the Pengembangan Bahan Ajar subject and produce a valid textbook. The method used is development research using a 4D model (define, design, develop, and disseminate) with instruments in the form of a validity questionnaire in terms of the feasibility of content, language, graphics and presentation. The resulting product is a textbook. The results showed that the developed textbooks scored 84% with a valid category. In conclusion, the developed textbooks are valid and suitable to be used as a guide for students in Pengembangan Bahan Ajar subject.

Keywords: Textbooks, Pengembangan Bahan Ajar Subject, Development Research

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. https://doi.org/10.33751/jurnal salaka.v2i1.1838

Amini, R., Bentri, A., Hakim, R., & Raswel, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Kelas IV Sekolah Dasar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 136–149. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/672

Handayani, R., Yulina, Y., & Bayu Nugroho, P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbantu Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2), 95-101. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.3056

Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 9–16. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Semnas/article/view/166

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Mardeni, P. R., Azmi, J., & Linda, R. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1285

Nugraha, A. W., & Syafi, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Science, Technology, Engineering, Math (STEM) untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 1–9. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/12084

Qondias, D., Winarta, I. K. A., & Siswanto, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145-148. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393

Suarcita, G. P., Astawa, I. W. P., & Suarsana, I. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif dengan Pendekatan Multi Representasi pada Materi Bilangan Bulat untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII. Akademika, 9(01), 69–84. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.731

Zaini, M. (2021). Urgensi Penelitian Pengembangan dalam Menggali Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA”, 33-52. http://jbse.ulm.ac.id/index.php/PMPIPA/article/viewFile/23/37
Published
2022-03-24
Abstract viewed = 119 times
pdf downloaded = 104 times