Studi Deskripstif Pelaksanaan Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard pada Siswa Disabilitas Netra di SLB N Branjangan Jember

  • Zumar Fajar Rafi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sugihartatik Sugihartatik Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan alat musik keyboard pada siswa disabilitas netra di SLB N Branjangan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif kualitatif, jenis studi kasus, karena berdasarkan tujuan penelitian ini, bukan untuk mengkaji sebuah hipotesis, namun untuk mengumpulkan data berupa fakta-fakta metode pembelajaran bermain alat musik keyboard pada anak tunanetra di SLB N Branjangan. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk memaparkan dengan rinci metode, materi, serta proses pembelajaran bermain alat musik keyboard. Hasil penelitian ini bahwasannya pelaksanaan metode pembelajaran alat musik keyboard pada siswa disabilitas netra di SLB N Branjangan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan dengan Menyusun beberapa materi yang akan dipelajari secara khusus oleh siswa disabilitas netra, kemudian secara pelaksanaan pembelajaran mengunakan  metode mix/ campuran dalam satu kali tatap muka yang terdiri dari metode ceramah, metode demonstrasi/praktik langsung dan metode pengulangan., metode cerama dilakukan secara kalasikal atau menyeluruh, sedangkan metode demontrasi dilakukan secara individua tau bergantian, sedangkan evaluasi dilakukan oleh guru setiap siswa pada saat akhir Pelajaran music keyboard secara individu.

 

Kata kunci:Metode Pembelajaran, Keyboard, Disabilitas Netra

References

Adisel,dkk. 2022. Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS. Vol 5 No.1. Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS | Journal of Education and Instruction (JOEAI) (ipm2kpe.or.id)

Daftar Pustaka wajib menggunakan Mendeley Refference dengan style APA (American Psychological Association 7th) sesuai dengan Bab II. Daftar pustaka disusun dan ditulis berdasarkan sistem nomor sesuai dengan urutan pengutipan. Hanya pustaka yang disitasi pada usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

Dewi, D.S. & Mulyo, M. (2017). Psychological Well Being pada Siswa Tunanetra. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6(1), 11-23. download-fullpapers-jppp99a48baa4dfull.pdf (unair.ac.id)

Hamid, Abd. 2019. Berbagai metode Mengajar Bagi guru Dalam Proses Pembelajaran. Vol 9, Ed. 2 . www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Hendriani, Dita. 2016. Pengembangan Seni Budaya Dan Keterampilan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Heru. J.M. 2016. Pianicious. Jakarta: Pusataka Muda

Majid. A. 2013. Perencanaan pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Meivina, Skolastika Nada (2020) Pembelajaran Piano untuk Murid Tunanetra. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Pemerintah Indonesia. 2016. Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. UU No. 8 Tahun 2016 (bpk.go.id).

Rita Nurindah Meirawati. 2014. Metode Pembelajaran Alat Musik Keyboard Pada Anak Penyandang Tunanetra Di Yakatunis Yogyakarta. “Skripsi”. Yogyakarta: Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohmah, Annisa Nidaur. 2017. “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (PENDIDIKAN DASAR).” CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 9, no. 2 .Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar) | CENDEKIA (stitaf.ac.id)

S. Dias Rizki. 2013. Proses Pembelajaran Seni Musik. Vol 13, No.1. Juni 2013. Jurnal Harmonia. proses pembelajaran musik bagi tunanetra.pdf diakses pada tanggal 2 Jnauari 2024

Sudjana N. 2014. Dasar-dasar Proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

T. Fakhri Ardiyansyah., Jon Efendi. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik Keyboard bagi Kelayan Tunantera. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Vo. 7 Nomor 1. Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik Bagi Kelayan Tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang | Ardiyansyah | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus (unp.ac.id) di akses pada tanggal 3 Januari 2024

Yulianto, Esa Robin. 2020. Pendidikan Untuk Membentuk Manusia Ideal Pada Sekolah Umum. Jurnal Imajinasi. 14.(2). 20.
Published
2024-12-29
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times