Pengaruh Metode Phonetic Placement untuk Kemampuan Artikulasi Konsonan Velar/Dorsovelar (K) Anak Disabilitas Rungu Ringan Kelas VI di SLB Negeri Patrang

  • Nanda Gayatri Sekar Nagari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Partiwi Ngayuningtyas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Inna Hamida Zusfindhana Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang penerapan metode phonetic placement untuk meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan velar (k) pada anak yang mengalami disabilitas rungu. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi dampak metode phonetic placement terhadap perbaikan kemampuan artikulasi konsonan velar (k) pada anak disabilitas rungu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SSR (Single Subject Research) dengan desain penelitian A-B. Subjek penelitian adalah seorang anak di kelas VI yang mengalami disabilitas rungu di SLB Negeri Patrang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan artikulasi bunyi (k) secara lisan dan melalui proses observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode phonetic placement memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan velar (k) pada anak disabilitas rungu di kelas VI di SLB Negeri Patrang

Metode phonetic placement, Disabilitas rungu, Artikulasi    

References

Gast, H., & Ledford, J. R. (2014). Single subject research methodology in behavioral sciences. Routledge. Hayati, D., &

Iswari, M. (2021). Efektivitas Metode Phonetic Placement dalam Meningkatkan Kemampuan
Artikulasi Huruf Bilabial bagi Anak Tunarungu. Padang: JBES.

Hernawati, T. (2011). Pendekatan dan media pembelajaran artikulasi fungsioptimalisasi pendengaran (Modul). Jurusan Pendidikan Luar Biasa UPI Bandung.

Ihwan, S. Q. (2016). Peningkatan Keterampilan Artikulasi Melalui Pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil (VAKT) pada Anak Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Diakses dari www.kbbi.web.org (17 Agustus 2023). Rahmadhani, D., & Martias.

(2023). Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Konsonan Alveolar (r, n) Anak
Tunarungu Melalui Metode Phonetic Placement. Padang: Jurnal Pendidikan Tambusai.

Sadja’ah, E. (2005). Gangguan Bicara – Bahasa. Bandung: San GrafikaSensus. Sadjono. (2005). Terapi Wicara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunanto, Takeuchi, & Nakata. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Memperoleh Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Published
2024-12-16
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times