Interaksi Pembelajaran Berbasis Rahmah, Optimalisasi Fungsi Otak untuk Belajar

  • Dewi Purnama Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Sutarto Sutarto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
Keywords: Interaksi pembelajaran; rahmah; kasih sayang; belajar

Abstract

This study aims to describe the interaction of al-Rahmah-based learning and its urgency in optimizing brain function for learning. The method used is library research. Sources of data obtained from the Koran, hadith, books and various scientific works that are relevant to the topics discussed. The data collection technique was carried out in three stages, namely editing, organizing and finding, then analyzed using content analysis and comparative analysis approaches. The results showed that al-Rahmah or affection-based learning interactions lead to secure attachment to students, thus creating a positive relationship between teachers and students. Positive relationships can cause positive emotions that can lead to hypothalamic-pituitary-adrenocortical stimulation or HPA hormones, maintaining the balance of the left and right brain so as to maximize brain function for learning. In conclusion, al-Rahmah-based learning interaction, learning with the application of the principle of compassion, creates a good relationship between teachers and students so that it has a positive effect in stimulating the optimization of students' brain functions for learning.

 

Keywords: Learning interaction, Rahmah, Affection, Learning

References

Afrizal, A. (2017). Mengoptimalkan Potensi Hemister (Otak Kanan) dalam Proses Pembelajaran. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 9(1), 119–137.

Afroni, S. (2019). Terminologi Pendidikan dalam Al-Qur’an. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(02), 174–197.

Al-Albani, K. M. N. (t.t.). Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Tasfiyah wa Tarbiyah.

Al-Kumayi, S. (2008). 99 Q (Kecerdasan berdasarkan Asmaul Husna). PTS Millennia.

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.

Amin, M. S. (2018). Perbedaan struktur otak dan perilaku belajar antara pria dan wanita; Eksplanasi dalam sudut pandang neuro sains dan filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38–43.

Anis, M. (2010). Quantum Al-Fatihah Membangun Konsep Pendidikan Berbasis Surah Al-Fatihah. Paedagogia.

Ardayani, L. (2017). Proses Pembelajaran Dalam Interaksi Edukatif. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 187–200.

Aridhona, J. (2017). Hubungan antara kecerdasan spiritual dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri remaja. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 224–233.

Awaliyah, T., & Nurzaman, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.152

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149–156.

Bakhtiar, L. (2014). Meneladani Akhlak Allah melalui al-Asma’ al-Husna. Mizan.
Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124.

Busthomi, Y. (2020). Sepuluh Faktor agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Siswanya. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–54.

Chotib, A. (2018). Pola interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Widodaren ngawi kelas X [PhD Thesis]. IAIN Ponorogo.

Citra, R. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Di SMPN 1 Singingi Hilir). AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 173–183.

Dakir, D., & Fauzi, A. (2021). Qur’anic-Based Educational Leadership: An Inquiry Into Surah Al-Fatihah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 277–304.

Dana, M. A. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama dan Kebudayaan, 6(1), 88–104.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Darmana, A. (2012). Internalisasi nilai tauhid dalam pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(1), 66–84.

De Porter, B., & Hernacki, M. (2011). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaefa.

Djamal, M. (2018). Metode Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Ghazali, 1(1), 17–37.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis dan Psikologis. Rineka Cipta.

Djamaran, S. B. (2017). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis dan Psikologis. Rineka Cipta.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149–166.

Faridatusholikah, F. (2017). Pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam kepada siswa otak kanan dan otak kiri: Studi kasus SMPN 4 Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fauzi, A. (2020). Model Interaksi Santri Pondok Pesantren Ishlahiyyatul Asroriyyah Ringinagung Kediri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 27–36.

Ghufron, A. (2019). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat Al-Fatihah (Kajian Tafsir Marah Labid Karya Imam Nawawi Banten) [PhD Thesis]. Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Ginting, P. J. P. (2019). Penyesuaian Diri dalam Organisasi. MPU Procuratio, 1(2 Oktober), 219–225.

Hami, W. (2021). Pendidikan dan Pengajaran dalam Al-Qur’an. Madaniyah, 11(2), 151–162.

Harahap, R. (2017). Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah Al Fatihah ayat 1-7 [PhD Thesis]. IAIN Padangsidimpuan.

Haromaini, A. (2019). Mengajar Dengan Kasih sayang. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(2).

Hasan, I. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur ‘an (Telaah Surah Al-Fatihah). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(2), 56–76.

Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32.

Hendri, E. (2010). Guru berkualitas: Profesional dan cerdas emosi. Jurnal saung guru, 1(2), 1.

Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B), 146–157.

Hidayatullah, A. H. (2019). Terminologi Rahmah dalam Al Qur’an (Studi Interpretasi Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah). QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir, 3(2), 135–146.

Indriyanti, T., Siregar, K. I., & Lubis, Z. (2015). Etika interaksi guru dan murid menurut perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Studi Al-Qur’an, 11(2), 129–144.

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Iswati, I. (2017). Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik Yang Humanis Religius. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 41–55.

Jailani, M. S. (2013). Kasih Sayang dan Kelembutan dalam Pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4, 56476.

Jayadi, I. (2018). Sifat-Sifat Pendidik. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2), 357–381.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.
Karso, K. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2549

Khumaidi, M. W. (2020). Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan Islam. An Naba, 3(2), 134–149.

Kodir, A. (2018). Urgensi Pendidikan Berbasis Rahmah Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Adzkiya, 2(01), 59–73.

Kosim, M. (2008). Guru dalam perspektif islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282.

Lubis, R. F. (2020). Guru Pendidikan Islam Dalam Konsep 5M. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 227–237.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139.

Mas’ udah, L. (2018). Makna Lafadz Tarbiyah dengan term lain yang identik dalam Al Quran. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 187–201.

Masykur, F. (2020). Dimensi-dimensi Pendidikan dalam Islam. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 3(3), 34–52.

Miyanti, M. A., & Ismiradewi, I. (2020). Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1, 33–42.

Muchlis, M. (2019). Karakteristik Guru Teladan Dalam Tinjuan Al-Quran Surah Al-Kahf Ayat 65. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 3(1), 561–575.

Mukti, F. D., & Sholina, A. (2019). Ontologi Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 58–69.

Murni, M., Yahya, M., & Bustamam, N. (2019). Persepsi siswa terhadap perilaku altruisme guru di SMA Negeri Kabupaten Nagan Raya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Mustofa, A., & Saifulloh, R. (2017). Tafsir Surat Ar-Rahman Ayat 1-4: Karakteristik Guru. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 3(1), 79–100.

Napitupulu, D. S. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam. TAZKIYA, 8(1).

Noor, A. F., & Wangid, M. N. (2019). Interaksi energetik guru dan siswa pada pembelajaran abad 21. Anterior Jurnal, 18(2), 107–112.

Nuruddaroini, A. S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Surah Al-Fatihah: (Telaah Tafsir Tahlili). KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 8(2), 132–154. https://doi.org/10.36781/kaca.v8i2.3013

Pito, A. H. (2019). Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 113–129.

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Putri, Y. D., & Yetti, R. (2019). Kegiatan Senam Otak Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 12–17.

Rahmatullah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang Dan Kontribusinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1), 29–52.

Reber, E. (2012). Affectivity in interaction. Sound objects in English. Amsterdam: Benjamins.

Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 37–60.

Rindrayani, S. R. (2017). Upaya membangun guru profesional berkarakter di era globalisasi melalui pembelajaran.

Ritonga, A. H. (2020). Sistem Interaksi Antar Unsur dalam Sistem Dawah dan Impilikasinya dalam Gerakan Dakwah. Hikmah, 14(1), 87–102. https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2033

Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengaja. Raja Grafindo Persada.

Sahrir, N. H. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam QS Al-Fatihah pada Peserta Didik di SMPN 2 Bulupoddo Kabupaten Sinjai [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Makassar.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20–30.

Shihab, M. Q. (2016). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur’an. Lentera Hati.
Snyder, C. R., J. Lopez, S., & Teramoto Pedrotti, J. (2011). Positive Psychology. Sage.

Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2).
Sudaningsih, I. V. (2020). Interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Sumarno, S. (2017). Pendidikan Rahmah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 3(2), 19–38.

Supiyan, E. (2010). Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Aktualisasinya dalam Kepribadian Guru (Telaah Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam).

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Zigie Utama.

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1–26.

Sutarto, S. (2019). Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Al Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 287–308.

Sutarto, S. (2021). Implementation Of Operant Conditioning Theory For Habituation Of Students In Worship At Smpit Rabbi Radhiyya Curup. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 33–52.

Syah, A. (2017). Term Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib dalam Pendidikan Slam: Tinjauan dari Aspek Semantik. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1), 138–150.

Udoyono, B. (2021). Melihat Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah. Elex Media Komputindo.

Ulum, M. (2020). Metodologi Studi Islam (Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam Dalam Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 1–21.

Veríssimo, M., Torres, N., Silva, F., Fernandes, C., Vaughn, B. E., & Santos, A. J. (2017). Children’s representations of attachment and positive teacher–child relationships. Frontiers in psychology, 8, 2270.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Walidan, W. (2015). Konstelasi Pemikiran Paedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern. Suluh Press.

Warsah, I. (2016). Pendidikan Berbasis Rahmah Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Disertasi.

Warsah, I. (2020). Religious Educators: A Psychological Study of Qur’anic Verses Regarding Al-Rahmah. Al Quds, 4(2), 275–298.

Yauminnisa, I. (2019). Teknik Komunikasi Persuasif Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Anak Gangguan Autistik di SLB YPAC Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(3).

Yuliani, N. (2020). Tindakan Memukul Dalam Mendidik Anak. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10–25.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).

Yusuf, M. H. A. (t.t.). Metode Pendidikan Sosial dalam QS. Ali Imran/3: 159.

Yusuf, Y. (2017). Spiritualitas Seorang Guru. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 51–64.

Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Zakiyah, U., & Kusumawardani, V. (2021). Perubahan Interaksi Sosial Masyarakat Pedesaan Sejak Pandemi COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Perbatasan Dan Desa, 1(1), 34–44.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2022-01-01
How to Cite
Sari, D., & Sutarto, S. (2022). Interaksi Pembelajaran Berbasis Rahmah, Optimalisasi Fungsi Otak untuk Belajar. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 4(2), 607-622. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2924
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times