Pengembangan Booklet pada Pembelajaran IPS Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” SD Negeri 55 Lubuklinggau

  • Risalah Atmanegara Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Donni Pestalozi Universitas PGRI Silampari
Keywords: Booklet, IPS, Kelas IV SD, Indahnya Keragaman di Negeriku.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu Media Pembelajaran berupa sebuah buku yang disebut dengan Booklet.Materi yang dibahas dalam Booklet ini yaitu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SD Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negerikuâ€. Penelitian Pengembangan ini dilakukan menggunakan model Four-D (4-D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : Define, Design, Development dan Dissemination. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan Booklet adalah angket penilaian dari ahli Bahasa, Media dan Materi dengan hasil validitas Aiken’V dari ketiga ahli validator yaitu 0,85 dengan interpretasi validitas Tinggi dan valid. Untuk mengukur kepraktisan Booklet peneliti menggunakan angket respon guru kelas IVB dan 9 siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda dengan hasil kepraktisan sebesar 99,38%, kriteria Sangat Praktis. Sedangkan, untuk melihat efek potensial dari penggunaan Booklet ini peneliti menggunakan soal pretest dan posttest dengan subjek sebanyak 22 siswa di kelas IVB, Hasil yang diperoleh yaitu N-gain(g) sebesar 0,710 dengan klasifikasi Tinggi yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga pengembangan Booklet pada pembelajaran IPS Kelas IV Tema 7 dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial yang tinggi sehingga Booklet layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Ahmad, Sabri. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar., Asfah Rahman. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Artika, Astri. (2020). Pengembangan Media Booklet Untuk Siswa Kelas IV Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di Sekolah Dasar.Skripsi.

Arywiantari, D., Agung, G. A. A., Sastra, K. D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 SINGARAJA.e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Volume 3 nomer 1. Halaman 1-12.

Asa Pratiwi, Susi Damayanti & Nurita Primastya. (2022). Pengembangan Media Booklet pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar untuk Meningkatkan Pemahaman pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar.Jurnal pendidikan tambusai. Volume 6 nomor 1. Halaman : 490-498.

Devi Asinta, Fitria Dwi Prasetyaningtyas. (2021). Pengembangan E-Booklet berbasis Web sebagai bahan ajar pembelajaran IPS kelas. Jurnal Magistra.Volume 12 nomor 2. Hal: 107-117.

Donna, R., Egok, S, A., Febriandi, R., (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu. Volume 5 nomor 5. (hal:3799-3813).
Dwi sudaryanti. (2018). Pengembangan booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar.Skripsi.

Endang Mulyatiningsih. (2012) Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.
Evita, Devega (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia. [Online] Tersedia: https://Kominfo.go.id. Html. Diakses tanggal 07 Mei 2023.

Ewles, M. (2011). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Dan Imlementasi. Bandung: PT. Remaja RosdakaryaFajarini, Anindya. (2018). Membongkar Rahasia Pengembangan Bahan Ajar IPS. Jember: Gema Press

French, C. (2013). How to write successful Howto booklet. England Uk: The Endless Bookcase.
Gemilang, Ritznor & Elisabeth Christina. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Sidoarjo.jurnal BK Unesa.Vol. 6 No 3.

Gumanti, T. A., Yunidar, & Syahrudin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hamzah, dkk. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
Jamhari, Muhammad, dan D. Siregar. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Untuk Siswa Sma. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Kurnia Ratnadewi Pralisaputri, Heribertus Soegiyanto, Chatarina Muryani. (2016). Pengembangan media Booklet berbasis SETS pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk kelas X SMA (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal GeoEco. Vol 2 no 2.

Lestari, F., Egok, S. A., Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Wahana Didaktika. Volume 18 nomor 3. Halaman 255-269.

Lestari, N.D., Ariani, N.R.D., Dan Ashadi. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Semester Ganjil Smk Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk). Volume 3, Nomor 1. Halaman: 26.

Maryono.(2018). Istilah-istilah dalam Kebijakan dan Manajemen Kesehatan.Jakarta: Qiara Media.
Morissan M. dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Parwiyati, S., W. Sumekar dan D. Mardingsih. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Booklet Pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Kambing Tentang Penyakit Scabies Di KTT Ngupoyo Sato Desa Wonosari Kecamatan Patebon.Animal Agriculture Journal.Volume 3 nomor 4. Hal: 581-585.

Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pratiwi, I.N. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.Volume 1 nomor 2. Halaman: 202-224.

Rhamdany, Z., Arifin, S., Irpan, S. (2017). Kombinasi Delphi dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga.Jurnal Prosiding SI MaNIs.Volume 1 nomor 1. Halaman: 6-14.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suryani, Nunuk. Ahmad Setiawan dan Aditin Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafri, S. F. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Elementer di Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Taurida Intika. (2018). Pengembangan media Booklet science for kids sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar.Jurnal Riset pendidikan dasar. Volume 1 nomor 1.

Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.
Wiratna Immanuel, Irwan Koto & Endang widi Winarni. (2022). Pengembangan Booklet dengan pendekatan saintifik siklus hidup hewan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS.Jurnal APEDAS kajian pendidikan dasar. Volume 1 Nomor 2.Halaman : 188-197.
Published
2023-12-11
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 5 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>