Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD Negeri 43 Lubuklinggau

  • Dinda Dwi Hafsari Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujan  untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar Tematik siswa kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh kelas IV SD Negeri 43 Lubuklinggau dan sekaligus Sampel penelitian yang berjumlah 33 Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 19 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan penggunaan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung (10,3) ≥ ttabel (1,693) Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Tematik dengan menggunakan model Make a Match dengan signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar pre-test (41,78) dan post-test (81,33).

Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar,  Tematik

References

Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian: Satuan pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian, Bandung:Alfabeta

Tri, H. (2016). “Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD”. Universitas Negeri Malang. Vol 1 No 2. 129-130
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 7 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>