Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Bangun jaya

  • Siti Patimah Masito Universitas PGRI Silampari
  • Leo Charli Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Bangun Jaya. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, desain penelitiannya Pretest-Posttest Group Design. Populasi dan Sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Bangun Jaya yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan rumus uji z, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai  Zhitung  3,70 ≥ Ztabel 1,64 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Bangun Jaya setelah penerapan model Small Group Discussion secara signifikan tuntas.

Kata Kunci: Model Small Group Discussion, hasil belajar IPA

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Awang, I.S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vax Edukasi, 6.2, 109-122

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018) Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika
pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1 (1); 42-50. https://doi,org/htpps://doi,org/10.31539/joeai.vlil.239

Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan e-ISSN: 2460-2345, p-ISSN:2442 6997 Vol.03

Hardiansyah. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Discussion

Hisbullah & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur

Jakni. (2016). Metodologi Penenlitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Mardiana. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 38 Ampenan Dengan Menerapkan Model Small Group Discussion (Diskusi Kelompok). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan e- ISSN: 2656-6753, p- ISSN: 2598-9944 Vol. 4

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung:
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 8 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>