Komik Berbasis QR Code pada Mata Pelajaran PPKN Kelas III

  • Leo Charli universitas PGRI silampari
  • Mareta Widya Universitas PGRI Silampari
  • Citra Raflesia Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran komik berbasis Qr Code. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media komik berbasis Qr Code dalam pelajaran PPKn Kelas III SD N Purwara V. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D (Four-D). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli bahasa, ahli materi, guru, siswa kelas III SD N Purwara V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penilaian validitas yang dilakukan oleh ketiga ahli yaitu: ahli media yang mendapatkan nilai 0,76 dengan klasifikasi “Cukup Tinggi, ahli bahasa yang mendapatkan nilai 0,85 dengan klasifikasi “Tinggiâ€, dan ahli materi yang mendapatkan nilai 0,84 dengan klasifikasi “Tinggiâ€. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,81. Sedangkan hasil analisis lembar penilaian kepraktisan guru dan siswa diperoleh hasil bahwa Media pembelajaran komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata skor 90%. Pada uji lapangan N-Gain diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 0,74 dengan klasifikasi “tinggi†yang artinya media komik berbasis QR Code memilliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil dari uji coba kevalidan, kepraktisan, keefektifan tersebut, dapat disimpulkan media komik berbasis Qr Code memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan serta bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Darniyanti, Y. Efriani, N & Susilawati, W.O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Pancasila PPKn Kelas 3 di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan. Vol.30. No.3

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamaludin, A. Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaffah Learning Center.

Fadhallah, R, A. (2021). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press.

Febriandi, R, Egok, A, S, Lestari F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicude. Vol.5 No.1

Junoviona, A, Q. Setiowati, N. & Yani, M, T (2020), Pengembangan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mencerminkan Sila-sila Panasila Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Education and development. Vol.8 No.3

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Publising Surabaya.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sari, A, L (2018), “Pengembangan Media Komik dan Kartu Disiplin Pada Pembelajaran Karakter Tema 6 Kelas III Sekolah Dasar Negeri Salatiga 09. Jurnal Widyagogik.Vol 5 No. 2

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, E, R. (2016). Ragam Media Pembelajaran (Visual-Audio visual-Komputer-Power Point-Internet- Interactiv Video. Jakarta: Kata Pena.

Wulandari, L.P.M & Sunasih, N, W. (2022) Media Komik Literasi Berbaisis Kontekstual Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 5, No.1.
Published
2023-10-13
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 17 times