Peran Vital Bahasa Isyarat Indonesia dalam Membangun Komunikasi dan Integrasi Sosial Anak Tuli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) bagi anak-anak tuli, menganalisis alasan dari perspektif anak-anak tuli dan masyarakat luas, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran Bisindo di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, wawancara, survei, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menganggap pembelajaran Bisindo sangat penting untuk mendukung sosialisasi, komunikasi efektif, dan menghindari keterisolasian. Orang tua juga perlu belajar Bisindo untuk memperkuat komunikasi dengan anak mereka, memberikan dukungan emosional, dan meningkatkan rasa percaya diri anak. Untuk mengoptimalkan pembelajaran Bisindo, disarankan agar Bisindo diintegrasikan dalam kurikulum wajib, pelatihan intensif diberikan kepada guru dan staf, serta program khusus bagi orang tua.
Kata Kunci: Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), Pendidikan inklusif
References
Aljabar, A., & Suharjito. (2020). BISINDO (Bahasa isyarat indonesia) sign language recognition using CNN and LSTM. Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 5(5). https://doi.org/10.25046/AJ050535
Altiarika, E., & Sari, W. P. (2023). Pengembangan Deteksi Realtime untuk Bahasa Isyarat Indonesia dengan Menggunakan Metode Deep Learning Long Short Term Memory dan Convolutional Neural Network. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 9(1). https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1272
Angelovska, T., & Roehm, D. (2023). A Selective Review of Event-Related Potential Investigations in Second and Third Language Acquisition of Syntax. In Languages, 8(1). https://doi.org/10.3390/languages8010090
Borman, R. I., & Priyopradono, B. (2018). Implementasi Penerjemah Bahasa Isyarat Pada Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dengan Metode Principal Component Analysis (PCA). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1). https://doi.org/10.30591/jpit.v3i1.631
Delcenserie, A., Genesee, F., & Champoux, F. (2024). Exposure to sign language prior and after cochlear implantation increases language and cognitive skills in deaf children. Developmental Science, e13481.
Fernández, M. B. (2023). Linguistic Variation, Social Meaning and Covert Prestige in a Northern Moroccan Arabic Variety. Languages, 8(1). https://doi.org/10.3390/languages8010089
Gultom, C., Sihombing, R., & Harahap, S. H. (2024). Evaluasi Kemahiran Komunikasi Lisan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1). https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1801
Heng, K., & Sol, K. (2023). Cambodia’s Education System: New Developments and Persistent Challenges. Innovations and Challenges in Cambodian Education, 1.
Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755
Hikmalansya, J. K. (2016). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2). https://doi.org/10.25139/inform.v1i2.849
Kauffman, J. M., & Hornby, G. (2020). Inclusive vision versus special education reality. Education Sciences, 10(9). https://doi.org/10.3390/educsci10090258
Khotijah, S., Juliana, J., & Driyani, D. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Isyarat Bisindo Untuk Penyandang Disabilitas Tuna Rungu Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1). https://doi.org/10.59000/jim.v2i1.101
Marlina, M., Ningsih, Y. T., Fikry, Z., & Fransiska, D. R. (2022). Bisindo-based rational emotive behaviour therapy model: study preliminary prevention of sexual harassment in women with deafness. Journal of Adult Protection, 24(2). https://doi.org/10.1108/JAP-09-2021-0032
Murcahyanto, H. (2023). Penggunaan Media Whatsapp pada Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 13–30.
Nieminen, J. H. (2022). Assessment for Inclusion: rethinking inclusive assessment in higher education. Teaching in Higher Education. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.2021395
Rizky, A. D. B., Faqihuddin, M. A., Romadhan, F. F., & Siradjuddin, I. A. (2023). Identifikasi Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia dengan Menggunakan Convolutional LSTM. Prosiding SENIATI, 7(2). https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.7925
Rosita, T., Suherman, M. M., & Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru Sekolah Dasar Untuk Keberhasilan Pendidikan Inklusif. Warta Pengabdian, 16(2). https://doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395
Setiawan, R., Yunita, Y., Rahman, F. F., & Fahmi, H. (2024). BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) Sign Language Recognition Using Deep Learning. IT for Society, 9(1). https://doi.org/10.33021/itfs.v9i1.5076
Susanty, M., Fadillah, R. Z., & Irawan, A. (2021). Model Penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Menggunakan Pendekatan Transfer Learning. PETIR, 15(1). https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1289
Yusuf, M., Kumalasari, E., & Supratiwi, M. (2018). The Implementation of Inclusive Education in Regencies/Cities in Indonesia. https://doi.org/10.2991/indoeduc-18.2018.59
Copyright (c) 2024 Rita Kurnia Murni, Padlurrahman Padlurrahman, Hary Murcahyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.