Penguasaan Kosa Kata dengan Keterampilan Menulis Cerpen
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan hasil deskripsi tentang hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 153 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes obyektif untuk penguasaan kosakata, dan tes kinerja untuk keterampilan menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pertama, penguasaan kosakata siswa kelas IX SMPN 3 Kabupaten Harau Lima Puluh Kota berada pada klasifikasi baik dengan nilai rata-rata 80,45 pada rentang 86-95% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis Cerpen siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada kelas kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 73 pada rentang 66-75% pada skala 10. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel karena t hitung lebih besar dari pada t tabel 2,3091 lebih besar dari 2,086. Simpulan, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 3 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Kosakata, Menulis Cerpen
References
Endang, S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek Melalui Penugasan di Aplikasi LMS. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1367–1376. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4240
Hasnawati. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Pendekatan Konstruktivistik pada Siswa Kelas IX IPA-3 SMA Negeri 5 Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 02(01), 12–26.
Hendrisman. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa Sastra Dan Pengajaran), 7(1), 2588–2593.
Hilaliyah, T. (2018). Penguasaan Kosakata Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 157. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5237
Ikbal, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12333
Jayanti, M. D. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Pemahaman Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 204–214. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Lestar, F. N., & Septyanti, E. (2023). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Kartika Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11(1), 1–9.
Magdalen, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2020). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV Di SDN Gondrong 2. Prehistoric Europe, 3, 184–206. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8
Munirah, M., & Hardian, H. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 78. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3064
Pauji, M. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berpidato ( Siswa Kelas X SMK AL-HUDA TURALAK. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 268. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.627
Rahmi, W. D., & Afnita. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata Dengan Kemampuan Menulis Karangan
Narasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembah Gumanti. METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 13(1), 21–26. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v13i1.300
Sepdiana, M. E., & Kusmiarti, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Strategi Image Streaming Siswa Kelas IX SMPN 2 Kota Bengkulu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 965–974.
Sholehudin, & Faozan, A. (2023). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bojong. 5(2), 42–50.
Subekti, M. A. (2022). Keterampilan menulis cerita pendek siswa SMA. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
Tantri, N. N. (2018). Pentingnya Keterampilan Berbahasa untuk Meningkatkan Softskill Umat Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.22
Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(1), 68–79.
Widiyarto, S., Rusdianto, M., & Paryono. (2003). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa SD Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 128–134.
Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2016). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.
Zulianti, I., & Bowo, S. . (2023). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 1–8.
Copyright (c) 2024 Olin Nita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.