Lingkungan Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan lingkungan belajar terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII MTsN Dangung-dangung Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTsN Dangung-dangng. Kabupaten Lima Puluh Kota terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 303 orang dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 38 orang yaitu kelas VIII.6. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel (X) lingkungan belajar, dan variabel (Y) keterampilan menulis teks prosedur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan keterampilan menulis teks siswa kelas VIII.6 MTsN Dangung-dangung Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil nilai rata-rata lingkungan belajar sebesar 69 dan nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada kelas VIII.6 sebesar 74. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung 0,583 diperoleh t-hitung 4,302 dengan derajat kebebasan N-2 (80-2 = 78), dan taraf signifikan 0,05. Hipotesis diterima jika t-hitung > t-tabel. Dengan demikian H1 diterima karena hasil pengjian membuktikan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 4,302>1,697. Simpulan, terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan belajar dengan keterampilan menulis teks prosedur.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Menulis, Teks Prosedur
References
Asriati, M. D. P., & Gani, E. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 226. Https://Doi.Org/10.24036/108204-019883
Bagyo, S. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(1), 65–74. Https://Doi.Org/10.52060/Pgsd.V3i1.388
Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran matematika Di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2)(2), 185–192.
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V8i1.6735
Indriani, R., Hafrison, M., & Padang, U. N. (2024). The Correlation Between Reading Comprehension Skills And Procedural Text Writing Skills Among 7th-Grade Students at SMP Negeri 1 Banuhampu, Agam Regency. 4(Ldc), 161–195.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. Https://Doi.Org/10.35446/Diklatreview.V3i1.349
Laia, S., & Zagoto, S. F. L. (2023). Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Onolalu. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(2), 52–64. Https://Doi.Org/10.57094/Jubikon.V2i2.695
Musyawir, M., & Letsion, M. (2020). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 40 Kabupaten Buru. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 42–48. Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V4i2.2418
Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi Antara Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–51. Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V5i1.9236
Rosmianti., Munirah., & Rahim, A. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Prosedur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Vii Smpn Satu Atap Punaga Kabupaten Takalar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 604–616. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V8i2.1921
Sari, Y. P., Rustinar, E., Kusumaningsih, D., Hidayat, T., & Wahono, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basicedu, 7(6), 3494–3502. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i6.6410
Setiawan, H., & Mudjiran. (2022). Pentingnya Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 7517–7522.
Suryani, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur Melalui Metode Demonstrasi Kelas IX A SMP Negeri 1 Pogalan. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 115–122. Https://Doi.Org/10.51878/Language.V1i1.483
Suyati, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal Pada Mata Pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 66–74. Https://Doi.Org/10.31851/Pembahsi.V9i1.4246
Takdir, T., Sudiyono, S., & Putra, D. F. (2023). Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 10(1), 88–100. Https://Doi.Org/10.29407/E.V10i1.19452
Zaturrahmi. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 07(04), 1–6.
Copyright (c) 2024 Sufia Retti, Poni Ernis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.