Persepsi Pemelajar Bahasa Asing terhadap Penggunaan Aplikasi AI ChatGPT
Abstract
Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam konteks pembelajaran bahasa asing, dengan fokus pada aplikasi ChatGPT. Dengan menggunakan kerangka teori Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini mengevaluasi pengetahuan dan penerimaan mahasiswa terhadap ChatGPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa tentang ChatGPT cukup tinggi, dengan sebagian besar responden telah mengetahui atau menggunakan aplikasi ini. Dari segi penerimaan, mayoritas responden melihat ChatGPT sebagai alat yang bermanfaat dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari, meskipun terdapat tingkat keraguan terhadap informasi yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerimaan terhadap ChatGPT dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan teknologi tersebut.
Kata Kunci: ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Persepsi Mahasiswa, Technology Acceptance Model (TAM)
References
Brownlee, J. (2023, July 20). Prompt Engineering for Effective Interaction with ChatGPT. Machinelearningmastery.Com. https://machinelearningmastery.com/prompt-engineering-for-effective-interaction-with-chatgpt/
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008
Davis, F. D., & Granić, A. (2024). SpringerBriefs in Human-Computer Interaction The Technology Acceptance Model 30 Years of TAM. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-45274-2
Dervin, B. (1992). From the mind’s eye of the user: The sense-making qualitative-quantitative methodology. Qualitative Research in Information Management. https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&cluster=3723493748310654271&btnI=1&hl=id
John, I. (2023). The Art of Asking ChatGPT for High-Quality Answers A Complete Guide to Prompt Engineering Techniques.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973, January 1). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly. https://doi.org/10.1086/268109
Katz, R., Ogilvie, S., Shaw, J., & Woodhead, L. (2021). Gen Z, Explained. In Gen Z, Explained. University of Chicago Press. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226814988.001.0001
Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Strzelecki, A., Cicha, K., Rizun, M., & Rutecka, P. (2024). Acceptance and use of ChatGPT in the academic community. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12765-1
Yu, H. (2023). Reflection on whether Chat GPT should be banned by academia from the perspective of education and teaching. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1181712
Copyright (c) 2024 Tomi Tamtomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.