Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Fase E

  • Fira Nabila universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dina Ramadhanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Lira Hayu Afdetis Mana Universitas PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa Fase E SMAN1 2X11 Enam Lingkung. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian  one grup pretest-postest. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan secara umum bahwa rata-rata keterampilan menulis teks biografi sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual memperoleh rata-rata 59,15 dengan kualifikasi cukup berada pada rentangan 56-65% sedangkan keterampilan menulis teks biografi sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual memperoleh rata-rata 78,43 dengan kualifikasi baik berada pada rentangan 76%-85%. Model discovery learning terbukti berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa yang dari awal kesulitan menyajikan reorientasi dengan serangkaian pembelajaran yang digunakan termotivasi untuk menemukan dan mengumpulkan tentang data-data tokoh.

 

Kata Kunci : Audio Visual, Discovery Learning, Keterampilan Menulis, Teks Biografi

References

Khatrin, K., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks
Eksposisi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 31 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 112. https://doi.org/10.24036/108271-019883

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Cahaya Prima Sentosa.

Serungke, (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2655–6022.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Suprayanti, I., Ayub, S., & Rahayu, S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.285

Widiasworo, E. (2016). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif & Komunikatif. AR-RUZZ MEDIA.

Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi The Effect of Using the Discovery Learning Model on Writing Exposition Text Skills Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbagai model pembelajaran terus dikembangk. 1, 93–102.
Published
2024-12-12
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times